Kompas.com - 08/10/2012, 18:48 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

PADANG, KOMPAS.com - Sumatera Barat fokus menjadi provinsi hijau yang akan mengembangkan sumber energi terbarukan.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Senin (8/10/2012), mengatakan, hal itu akan diwujudkan dengan pengembangan sumber daya energi panas bumi, mikro hidro, tenaga surya, dan angin, untuk menghasilkan tenaga listrik.

Irwan mengatakan, untuk pengembangan energi panas bumi serta mikro hidro, akan dilakukan melalui kerjasama dengan sejumlah investor. Adapun untuk pengembangan sumber energi tenaga surya dan angin, akan dilakukan oleh pemerintah.

"Kemungkinan untung dari pembangkit energi tenaga surya dan angin ini tidak besar, namun kita butuhkan untuk menjangkau daerah-daerah tertentu," sebut Irwan di sela-sela Seminar Geothermal di Auditorium Gubernur Sumbar, Kota Padang.

Irwan menambahkan, khusus untuk pengembangan energi mikro hidro, pihaknya telah mendesak pemerintah daerah kabupaten tertentu, untuk segera melakukan produksi dalam jangka waktu enam bulan sejak komitmen awal disepakati.

"Kita akan putus, jika dalam waktu enam bulan tidak mampu dikerjakan," ucap Indra.   

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.