Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumbar Fokus Jadi Provinsi Hijau

Kompas.com - 08/10/2012, 18:48 WIB
Ingki Rinaldi

Penulis

PADANG, KOMPAS.com - Sumatera Barat fokus menjadi provinsi hijau yang akan mengembangkan sumber energi terbarukan.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Senin (8/10/2012), mengatakan, hal itu akan diwujudkan dengan pengembangan sumber daya energi panas bumi, mikro hidro, tenaga surya, dan angin, untuk menghasilkan tenaga listrik.

Irwan mengatakan, untuk pengembangan energi panas bumi serta mikro hidro, akan dilakukan melalui kerjasama dengan sejumlah investor. Adapun untuk pengembangan sumber energi tenaga surya dan angin, akan dilakukan oleh pemerintah.

"Kemungkinan untung dari pembangkit energi tenaga surya dan angin ini tidak besar, namun kita butuhkan untuk menjangkau daerah-daerah tertentu," sebut Irwan di sela-sela Seminar Geothermal di Auditorium Gubernur Sumbar, Kota Padang.

Irwan menambahkan, khusus untuk pengembangan energi mikro hidro, pihaknya telah mendesak pemerintah daerah kabupaten tertentu, untuk segera melakukan produksi dalam jangka waktu enam bulan sejak komitmen awal disepakati.

"Kita akan putus, jika dalam waktu enam bulan tidak mampu dikerjakan," ucap Indra.   

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com