Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Dikdik dan Cecep

Kompas.com - 02/10/2012, 16:35 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Tim kampanye Dikdik Mulyana Arief Mansur dan Cecep Nana Suryana Toyib, resmi merilis daftar riwayat hidup pasangan yang mereka dukung untuk menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, dari jalur perseorangan.

Mereka menggambarkan Dikdik sebagai putra daerah dari Priangan Timur, dilengkapi Cecep yang berasal dari Indramayu.

Dikdik yang lahir pada 14 Juni 1955, tercatat sebagai pendiri dan pembina Pasulukan Loka Gandasasmita, perguruan agama Islam yang mengajarkan tarekat Syathariyyah, serta menjadi sesepuh dari Kampung Naga, kampung adat di Tasikmalaya.

Di bidang pengetahuan, dia meraih gelar doktor hukum pada tahun 2011 dari Universitas Padjadjaran, dengan disertasi berjudul "Hak Imunitas Aparat Kepolisian dalam Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme pada Sistem Hukum Pidana di Indonesia," dan lulus dengan predikat cumlaude.

Lulus dari Akademi Polisi tahun 1978, dia merintis karier dari Jawa Barat, beberapa di antaranya seperti Perwira Ops Wilayah Purwakarta pada tahun 1979, Kapolsek Pamanukan tahun 1980, Kepala Unit Penyelundupan Polda Metro Jaya tahun 1994, dan Kapolres Metro Jaya Jakarta Timur tahun 1998.

Selanjutnya Dikdik menjadi Penyidik Utama Bareskrim Polri tahun 1999, Direktur Reserse Kriminal Polda Jabar tahun 2003, Wakapolda Kalimantan Selatan tahun 2004, Waka Bareskrim tahun 2010, dan akhirnya menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan tahun 2011.

Sementara Cecep digambarkan berasal dari keluarga militer, karena ayahnya adalah Kapten Inf Moch Toyib (alm), yang lahir di Cirebon pada 10 Januari 1956. Keluarga itu tinggal di Indramayu.

Sebelum pensiun dari posisi terakhir sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu, Cecep pernah menempati beberapa posisi seperti Camat Widasari, Anjatan, dan Camat Jatibarang.

Cecep pernah pula menjadi Komandan Satpol PP Indramayu pada tahun 1987, Kepala Bagian Humas Pemkab Indramayu pada tahun 1996, Kepala Dinas Pertambangan, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tahun 2004.

Pada tahun 2010, dia sempat merangkap sebagai pelaksana tugas Sekda Kabupaten Indramayu, hingga akhirnya menjadi Sekda Indramayu pada tahun 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com