Kompas.com - 23/08/2012, 17:32 WIB
|
EditorBenny N Joewono

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Curiosity telah lulus uji kemudi yang dilakukan pada rabu (22/8/2012) kemarin. Kini, robot beroda enam yang mendarat di kawah Gale, Mars, pada 5 Agustus 2012 lalu itu siap menuju tujuan utamanya, Gunung Sharp.

Gunung Sharp adalah gunung yang menjulang dari tengah kawah Gale. Gunung tersebut memiliki ketinggian 5,5 kilometer.

Di saat awal pendaratannya di planet merah, Curiosity, yang berbiaya 2,5 miliar dollar AS itu sempat mengirimkan citra gunung tersebut.

Seperti diberitakan AP, kemarin, Perjalanan Curiosity ke Gunung Sharp akan segera direncanakan namun tak akan dilakukan sebelum akhir tahun ini. Sebagai persiapan, Curiosity akan lebih dulu menuju wilayah dekat lokasi pendaratannya, disebut Glenelg.

Glenelg ialah lokasi dataran berjarak 400 meter dari tempat pendaratan Curiosity. Wilayah ini ialah pertemuan tiga macam lahan, yaitu batuan dasar yang cocok untuk pengeboran, lahan yang memiliki banyak kawah kecil yang bisa jadi tanda umur yang lebih tua serta batuan dasar yang terpapar saat pendaratan Curiosity.

Curiosity akan berangkat menuju Glenelg dalam seminggu ke depan bila seluruh proses pengujian yang masih akan dilakukan berjalan lancar. Perjalanan Curiosity ke Glenelg paling lama memakan waktu 2 bulan, tergantung jumlah pemberhentian yang diambil.

Diberitakan Space.com kemarin, Curiosity sebenarnya didesain mampu menempuh jarak 100 meter atau sepanjang lapangan sepakbola dalam satu hari Mars.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Satu hari mars lebih panjang dibanding Bumi, selisihnya sekitar 39 menit 35 detik. Namun, untuk sampai kecepatan itu, Curiosity masih butuh waktu.

Curiosity dikirim ke Mars untuk meneliti permukaan Mars serta kemungkinan lingkungan mars mendukung kehidupan mikroba. Selain itu, Curiosity juga bertugas menyelidiki kemungkinan melakukan pendaratan di Mars di masa depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.