Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curiosity Jalani Uji Kemudi Pertama

Kompas.com - 22/08/2012, 14:33 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Robot Curiosity yang bertugas menjalankan misi penelitian potensi kehidupan di Mars menjalani uji kemudi pertama pada Rabu (22/8/2012)i. Insinyur di Jet Propulsion Laboratory NASA akan memutar empat dari enam roda Curiosity dalam uji kemudi itu.

Mike Watkins, manager misi Curiosity, mengatakan bahwa dalam uji kemudi itu, robot Curiosity akan digerakkan sejauh tiga meter, diputar ke arah kanan, kembali lagi ke tempat semula dan parkir secara perlahan di sebelah kiri posisi awalnya.

"Anda akan melihat jejak gerakannya," ungkap Watkins seperti dikutip AP, Selasa (21/8/2012).

Uji kemudi ini adalah bagian dari "tes kesehatan" Curiosity yang harus dijalani sejak pendaratan pada 5 Agustus 2012 lalu. Setelah tes ini, Curiosity bisa bergerak hingga puluhan meter di wilayah sekitar Kawah Gale tempat wahana itu mendarat.

Sebelumnya, "tes kesehatan" lain juga telah dilakukan pada robot Curiosity, salah satunya dengan menggerakkan lengan robot.

Saat memeriksa instrumen yang berguna meneliti tanah dan cuaca Mars, para insinyur mendapati adanya kerusakan pada sensor angin. Para insinyur NASA belum mengetahui sebab kerusakan sensor itu. Namun, diduga kerusakan disebabkan oleh kerikil Mars yang masuk dan merusak kabel di rangkaian elektronik robot.

Sensor angin berguna untuk menentukan kapan robot bisa bergerak. Kerusakan pada sensor ini membuat ilmuwan harus bekerja lebih keras walau masih ada sensor angin kedua sebagai cadangan.

"Tapi kami yakin kami bisa menyelesaikan masalah ini," kata Watkins.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com