Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arthropoda Membantu Reproduksi Lumut

Kompas.com - 25/07/2012, 05:49 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

PORTLAND, KOMPAS.com - Telah lama diketahui bagaimana tumbuhan berbunga bereproduksi, dimana penyerbukannya dibantu oleh serangga. Namun, reproduksi lumut masih banyak menyisakan teka-teki.

Sebelumnya, ilmuwan menduga bahwa proses penyebaran sperma lumut tak melibatkan organisme lain. Sperma lumut bergerak lambat di film air di permukaan tanah dan tak pernah mencapai jarak lebih dari 2,5 cm.

Penemuan terbaru seperti menentang teori itu. Jenis lumut Ceratodon purpureus yang kosmopolitan (punya rentang habitat luas) ternyata mampu menghasilkan senyawa bebauan kompleks yang menarik organisme lain.

Diduga, bebauan tersebut berguna untuk menarik mikroarthropoda sehingga datang dan membantu proses penyebaran sperma. Jenis mikroarthropoda dikenal dengan nama springtail, merupakan orgnisme buta yang bergerak dengan merangkak dan melompat di permukaan tanah.

Eksperimen yang dilakukan ilmuwan menunjukkan bahwa peran mikroarthropoda itu sangat penting, bahkan ketika terdapat film air di sekitar lumut. Ini menunjukkan bahwa relasi tanaman dan penyerbuk juga terdapat pada tumbuhan tingkat rendah.

Lebih lanjut, hasil penelitian ini menjadi petunjuk evolusi hubungan tanaman dan penyerbuk. Dengan penemuan ini, maka sesungguhnya relasi tanaman dan penyerbuk sudah ada jauh sebelum waktu yang diduga.

Penelitian ini dipimpin oleh Sarah M Eppley dari Portland State University. Hasil penelitian dipublikasikan di jurnal Nature yang terbit 18 Juli 2012 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com