Kompas.com - 06/06/2012, 10:58 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamatan Transit Venus di Planetarium Jakarta pada Rabu (6/6/2012) diramaikan oleh ratusan warga. Masing-masing membawa tujuan tersendiri. Tak terkecuali, para ibu yang membawa putra-putrinya ikut menikmati fenomena sekali seumur hidup ini.

Irna Fitrianti, salah satu ibu, membawa serta dua putrinya menikmati Transit Venus. "Saya tinggal di Pondok Gede. Cukup jauh dari Planetarium. Saya datang sejak pukul 8 pagi," katanya saat ditemui Kompas.com.

Irna mengaku, salah satu motivasi mengajak putrinya melihat Transit Venus adalah untuk memupuk mimpi. "Anak saya yang satu masih berusia 5 tahun ini bercita-cita menjadi astronom. Jadi sekalian saya berusaha memupuk mimpi dia," ungkap Irna.

Motivasi Irna yang lain adalah mengajak putri-putrinya untuk mengenal alam semesta dan melatih rasa ingin tahu. Hal tersebut dirasa sangat penting bagi Irna.

"Anak-anak saya harapkan tahu bahwa alam semesta itu luar biasa. Kalau kita mengenal alam semesta, maka akan mendekatkan kita pada Sang Pencipta. Kita tahu bahwa kita kecil, seperti bintik Venus dibandingkan Matahari," paparnya.

Transit Venus memang pantas dirayakan dan dimaknai sesuai sudut pandang masing-masing. Transit Venus adalah fenomena langka, sekali seumur hidup. Setelah hari ini, Transit Venus baru akan terjadi lagi 11 Desember 2117 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.