Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Transit Venus, Memupuk Mimpi Menjadi Astronom

Kompas.com - 06/06/2012, 10:58 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamatan Transit Venus di Planetarium Jakarta pada Rabu (6/6/2012) diramaikan oleh ratusan warga. Masing-masing membawa tujuan tersendiri. Tak terkecuali, para ibu yang membawa putra-putrinya ikut menikmati fenomena sekali seumur hidup ini.

Irna Fitrianti, salah satu ibu, membawa serta dua putrinya menikmati Transit Venus. "Saya tinggal di Pondok Gede. Cukup jauh dari Planetarium. Saya datang sejak pukul 8 pagi," katanya saat ditemui Kompas.com.

Irna mengaku, salah satu motivasi mengajak putrinya melihat Transit Venus adalah untuk memupuk mimpi. "Anak saya yang satu masih berusia 5 tahun ini bercita-cita menjadi astronom. Jadi sekalian saya berusaha memupuk mimpi dia," ungkap Irna.

Motivasi Irna yang lain adalah mengajak putri-putrinya untuk mengenal alam semesta dan melatih rasa ingin tahu. Hal tersebut dirasa sangat penting bagi Irna.

"Anak-anak saya harapkan tahu bahwa alam semesta itu luar biasa. Kalau kita mengenal alam semesta, maka akan mendekatkan kita pada Sang Pencipta. Kita tahu bahwa kita kecil, seperti bintik Venus dibandingkan Matahari," paparnya.

Transit Venus memang pantas dirayakan dan dimaknai sesuai sudut pandang masing-masing. Transit Venus adalah fenomena langka, sekali seumur hidup. Setelah hari ini, Transit Venus baru akan terjadi lagi 11 Desember 2117 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com