Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fosil Kutu Raksasa Zaman Dinosaurus

Kompas.com - 01/03/2012, 19:09 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

PARIS, KOMPAS.com - Ternyata, kutu sudah mendiami bumi sejak zaman dinosaurus. Pada 150 juta tahun lalu, dinosaurus hidup berdampingan dengan kutu rakus darah berukuran raksasa. Palaentolog asal Cina dan Perancis menemukan fosil kutu tersebut di wilayah Inner Mongolia dan propinsi Liaoning. Sejumlah lebih dari 9 fosil kutu itu ditemukan.

Bila kutu saat ini hanya berukuran kurang lebih 5 mm, maka kutu purba betina yang ditemukan berukuran lebih besar. Betinanya berukuran 2 cm sementara yang jantan berukuran 1,5 cm. Studi juga mengungkap bahwa kutu purba ternyata tak memiliki sayap. Tak seperti kutu saat ini, kutu purba juga tak mampu melompat dan memiliki mulut yang kecil.

Kutu purba beradaptasi sangat baik dengan lingkungannya. Kutu ini memiliki cakar cukup tajam untuk bertahan di permukaan tubuh reptil saat itu. Kutu juga memiliki struktur penghisap darah. Kutu adalah salah satu hewan yang mampu beradaptasi dengan baik saat dinosaurus punah. Dari reptil, kutu purba mulai menghisap darah mamalia. Dalam proses evolusi, ukuran kutu kemudian mengecil.

Studi yang dipimpin oleh Andre Nel dari National Museum of Natural History Paris ini dipublikasikan di jurnal Nature, Rabu (29/2/2012).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com