Kompas.com - 08/02/2012, 16:18 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

MANADO, KOMPAS.com- Kementerian Lingkungan Hidup Jepang mengutus dua orang peneliti, Dr. Kodra dan Dr. Yoda untuk melihat sejumlah laut di Indonesia yang rawan pencemaran. Ketika berada di Bitung, Sulawesi Utara, Rabu (8/2/2012), mereka melihat langsung laut di dermaga pelabuhan perikanan yang tercemar berbagai limbah minyak.

Dr. Kodra mengatakan, pencemaran menjadi masalah rumit lingkungan laut di Indonesia. Menurut dia, sulit menghentikan pencemaran minyak dari kapal motor nelayan penangkap ikan tradisonil.

Hal itu juga terlihat di Pelabuhan Perikanan Bitung ketika ia melihat laut di sekitar dermaga tergenang minyak. Kodra juga mewawancarai sejumlah nelayan mengenai pencemaran ini.

Dari keterangan seorang nelayan, laut di sekitar dermaga Perikanan Bitung tercemar oleh minyak yang dibuang nelayan dari kapal motor.

Dikatakan, pencemaran terjadi massif seiring dengan bertambahnya armada penangkap ikan nelayan. Pihak Kementerian Lingkungan Hidup Jepang telah melakukan kerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia.

Di samping Bitung, Kodra juga melihat pencemaran di Muara Angke (Jakarta) dan Jembrana di Bali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.