Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teka-teki Satelit Jupiter Terungkap Malam Ini

Kompas.com - 16/11/2011, 14:22 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com — NASA akan mengungkap teka-teki salah satu satelit Jupiter, Europa, Kamis (17/11/2011) dini hari ini, sekitar pukul 00.00 WIB atau sekitar Rabu (16/11/2011) siang pukul 13.00 EST. Demikian pengumuman yang dibuat NASA lewat situs web-nya.

Pengungkapan teka-teki itu terkait dengan hasil penelitian terbaru NASA soal satelit planet terbesar di tata surya itu.

Teka-teki Europa akan diungkap dalam konferensi pers yang dihadiri oleh sejumlah peneliti, yakni Britney Schmidt dari University of Texas di Austin, Tori Hoehler dari Ames Research Center di California, Louise Prockter dari John Hopkins University Applied Physics Laboratory, dan Tom Hagner dari Divisi Ilmu Bumi di NASA.

Salah satu karakteristik Europa yang diketahui saat ini adalah dugaan adanya lautan (dengan air yang memiliki kandungan garam) di bawah permukaan Jupiter yang beku. Karena air adalah unsur yang sangat penting bagi kehidupan, banyak ilmuwan berharap bahwa setidaknya ada mikroorganisme di satelit Jupiter tersebut.

Europa merupakan salah satu satelit terbesar yang dimiliki Jupiter bersama dengan IO, Ganymede dan Callisto. Satelit ini ditemukan pada tahun 1610 oleh Galileo Galilei. Memiliki ukuran sedikit lebih kecil dari Bumi, Europa diduga memiliki inti logam dan mantel batuan.

Hingga sejauh ini, belum dipastikan apakah teka-teki Europa yang akan diungkap malam ini terkait dengan adanya kehidupan di sana.

Konferensi pers yang berlangsung malam ini bisa dilihat lewat live streaming di situs NASA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com