Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beruang Berkeliaran di Permukiman

Kompas.com - 22/09/2011, 11:32 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com - Beberapa beruang hitam yang diduga kelaparan keluar dari habitatnya di hutan menuju permukiman warga di Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau, sehingga timbul keresahan di masyarakat di daerah itu.

"Bolak-balik ada warga yang melihat beruang, kadang yang besar dan kadang ada juga yang berukuran sedang setinggi sekitar satu meter setengah," kata seorang warga Kecamatan Pinggir, Sulaiman, di Kota Duri, Kamis (22/9/2011).

Sulaiman mengakui sempat menyaksikan beberapa kali seekor beruang berukuran sama mondar-mandir di wilayah perkebunan sawit milik tetangganya. "Beruang itu warnanya hitam dan tingginya sekitar satu meter setengah. Entah apa yang dimakannya tapi kayaknya beruang itu kelaparan," ujarnya.

Menurut Sulaiman, munculnya satwa-satwa liar itu membuat warga sekitar resah dan takut beraktivitas di ladang atau perkebunan. "Banyak warga sekarang resah karena kemunculan beruang yang kabarnya juga telah sempat memakan puluhan ekor ternak unggas seperti ayam dan itik milik warga," katanya.

Warga Kota Duri, Kecamatan Pinggir lainnya, Budi mengatakan, kemunculan beruang paling sering pada senja dan malam hari.

"Kami sering nampak beruang berbulu hitam itu berjalan di sekitar perkebunan. Bahkan beberapa kali ada warga yang mengaku melihat beruang di belakang rumahnya memakan ayam dan telur ayam," ujarnya.

Beristiwa ini, menurut Budi, sempat mengundang perhatian sejumlah pihak terutama para petugas atau staf Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) yang bertugas di Kota Duri.

"Kalau gajah atau harimau mungkin sudah pernah terjadi, bahkan sempat konflik dengan warga. Tapi kalau beruang, ini baru yang pertama kalinya selama 20 tahun saya tinggal di Duri, Kecamatan Pinggir," kata dia.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Wilayah III, Hutomo mengakui, pihaknya sempat mendengar kabar tentang kemunculan beruang kelaparan yang meresahkan warga di Kecamatan Pinggir, Bengkalis.

"Anggota juga telah turun ke lokasi untuk melakukan peninjauan secara langsung. Diharapkan warga tidak panik dan tetap berjaga-jaga," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com