Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambang Hancurkan Tahura Bukit Soeharto

Kompas.com - 20/07/2011, 04:03 WIB

Harry Susilo

Menyusuri kawasan Taman Hutan Raya Bukit Soeharto di Kalimantan Timur layaknya memasuki kompleks areal pertambangan. Jangan berharap Anda dapat menghirup hawa sejuk hutan tropis atau rimbunnya pepohonan. Yang ada hanya debu pekat yang dihamburkan truk-truk, yang lalu-lalang mengangkut batubara. Lubang galian menganga di mana-mana, dan teriknya matahari membakar kulit.

Deru roda mobil gardan ganda yang kami tumpangi berhenti di sebuah tambang yang berada di dalam kawasan Tahura Bukit Soeharto, Selasa (12/7). Di depan kami areal tambang sekitar dua hektar terhampar dengan lubang sedalam sekitar 200 meter. Alat-alat berat dengan rakus mengeruk kulit bumi.

”Hancur sudah hutan ini. Kami selaku pengelola seperti tidak dianggap,” kata Direktur Pusat Penelitian Hutan Tropis (PPHT) Universitas Mulawarman, Chandra Dewanaboer, begitu tiba di lokasi.

Miris rasanya menyaksikan pemandangan di dalam kawasan konservasi seluas 67.766 hektar tersebut. Aktivitas pengerukan emas hitam terus berlangsung dengan leluasa. Bahkan, terdapat terminal tambang yang dibangun di dalam kawasan agar dapat mengangkut batubara dengan kapal yang melintasi Sungai Bambangan.

Dari total luas Tahura, 21.271 hektar merupakan bagian dari Hutan Pendidikan dan Penelitian Unmul yang dikelola oleh PPHT Unmul. Namun, tambang-tambang yang beroperasi di wilayah hutan pendidikan itu tidak pernah sekalipun meminta izin atau memberitahukan operasional tambang mereka yang berada di dalam kawasan.

Berdasarkan data PPHT Unmul, terdapat 22 perusahaan tambang batubara yang memiliki izin menambang di sekitar wilayah Tahura, 13 di antaranya bahkan beroperasi di dalam kawasan. Tahura sendiri berada di dua kabupaten, yakni Kutai Kartanegara (Kukar) dan Penajam Paser Utara, tetapi tambang-tambang itu kebanyakan masuk di daerah Kukar.

Makin parah

Keberadaan tambang ini memperparah kondisi hutan Tahura yang sudah banyak terbuka karena tergusur perkebunan rakyat. ”Untuk hutan Unmul saja, kondisi hutan yang masih baik paling tersisa sekitar 6.000 hektar,” kata Chandra. Sejak lama, masyarakat mengokupasi lahan Tahura, terutama di pinggir Jalan Rata Balikpapan-Samarinda, baik untuk permukiman, pertanian lada, maupun kebun nanas.

Ironisnya, tambang batubara yang sedang mengaduk-aduk perut hutan Tahura ini ternyata legal, karena memiliki surat keputusan Menteri Kehutanan. SK terakhir diterbitkan Menhut MS Kaban tahun 2009, ketika wilayah Tahura sebenarnya diperluas dari 61.850 hektar menjadi 67.766 hektar. Dengan perluasan itu, mestinya sejumlah areal tambang yang semula berada di luar kawasan menjadi masuk kawasan, dan mestinya tidak lagi diizinkan beroperasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com