Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atlantis Memulai Perjalanan Bersejarah

Kompas.com - 08/07/2011, 22:42 WIB

CAPE CANAVERAL, KOMPAS.com — Pesawat ulang alik Atlantis sukses diluncurkan dari Kennedy Space Center, Florida, Jumat (8/7/2011) sekitar pukul 11.29 waktu setempat atau pukul 22.29 WIB malam ini. Ini merupakan perjalanan ke antariksa yang bersejarah karena untuk terakhir kalinya badan antariksa AS, NASA, akan mengakhiri misi ulang aliknya.

Bahan bakar mulai dinyalakan sejak 30 detik menuju peluncurannya. Kepulan asap putih dan api yang membara dari bagian bawah tangki bahan bakar mengawali proses peluncuran pesawat ulang alik tersebut ke luar angkasa. Pesawat terlihat selama 42 detik sebelum hilang di balik awan.

Saat-saat menegangkan terjadi ketika pesawat menuju orbit dalam 10 menit sejak bahan bakar dinyalakan. Pada menit ke-9, pesawat melepaskan diri dari tangki bahan bakar dan memulai perjalanannya ke ruang angkasa sebelum menuju ISS dalam dua hari ke depan.

Atlantis membawa empat astronot yang akan bertugas di Stasiun Antariksa Internasional atau International Space Station (ISS). Mereka akan menjalankan misi selama 12 hari dengan satu kali misi spacewalking atau bekerja di luar angkasa secara langsung.

Ini merupakan peluncuran pesawat ulang alik ke-135 dan peluncuran Atlantis ke-33 sejak program tersebut dimulai tahun 1981. Peluncuran tersebut adalah untuk membangun stasiun antariksa internasional bersama Rusia. Selama program dilakukan, dua pesawat ulang alik meledak, yakni Challenger dan Columbia. Dua pesawat lainnya, Discovery dan Endeavour, sudah lebih dulu dipensiunkan.

Saksikan live streaming/rekaman peluncuran Atlantis di kanal NASA melalui Ustream TV di bawah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com