Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atlantis Memulai Perjalanan Bersejarah

Kompas.com - 08/07/2011, 22:42 WIB
EditorTri Wahono

CAPE CANAVERAL, KOMPAS.com — Pesawat ulang alik Atlantis sukses diluncurkan dari Kennedy Space Center, Florida, Jumat (8/7/2011) sekitar pukul 11.29 waktu setempat atau pukul 22.29 WIB malam ini. Ini merupakan perjalanan ke antariksa yang bersejarah karena untuk terakhir kalinya badan antariksa AS, NASA, akan mengakhiri misi ulang aliknya.

Bahan bakar mulai dinyalakan sejak 30 detik menuju peluncurannya. Kepulan asap putih dan api yang membara dari bagian bawah tangki bahan bakar mengawali proses peluncuran pesawat ulang alik tersebut ke luar angkasa. Pesawat terlihat selama 42 detik sebelum hilang di balik awan.

Saat-saat menegangkan terjadi ketika pesawat menuju orbit dalam 10 menit sejak bahan bakar dinyalakan. Pada menit ke-9, pesawat melepaskan diri dari tangki bahan bakar dan memulai perjalanannya ke ruang angkasa sebelum menuju ISS dalam dua hari ke depan.

Atlantis membawa empat astronot yang akan bertugas di Stasiun Antariksa Internasional atau International Space Station (ISS). Mereka akan menjalankan misi selama 12 hari dengan satu kali misi spacewalking atau bekerja di luar angkasa secara langsung.

Ini merupakan peluncuran pesawat ulang alik ke-135 dan peluncuran Atlantis ke-33 sejak program tersebut dimulai tahun 1981. Peluncuran tersebut adalah untuk membangun stasiun antariksa internasional bersama Rusia. Selama program dilakukan, dua pesawat ulang alik meledak, yakni Challenger dan Columbia. Dua pesawat lainnya, Discovery dan Endeavour, sudah lebih dulu dipensiunkan.

Saksikan live streaming/rekaman peluncuran Atlantis di kanal NASA melalui Ustream TV di bawah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+