Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Spacewalk Saja di Misi Terakhir

Kompas.com - 08/07/2011, 17:54 WIB

KOMPAS.com — Spacewalk terakhir berhasil dilakukan oleh kru pesawat ulang-alik Endeavour yang baru saja mengakhiri kariernya Mei lalu. Spacewalk itu sempat disebut sebagai yang terakhir hingga NASA memutuskan untuk memasukkan spacewalk dalam agenda misi terakhir Atlantis yang akan diluncurkan malam ini (Jumat, 8/7/2011) pukul 22.26 WIB.

Rencananya, hanya akan ada satu spacewalk dalam misi Atlantis yang akan dijalankan empat astronot kali ini. Spacewalk hanya bertujuan untuk mengambil modul pompa di International Space Station (ISS) yang mengalami kegagalan pada tahun 2010. Modul tersebut rencananya akan dibawa ke bumi bersama kepulangan Atlantis dan dianalisa.  

Kesulitan menjalankan spacewalk muncul sebab anggota kru terlalu minim, biasanya anggota kru pesawat ulang-alik berjumlah 6 orang. Akhirnya, astronot NASA, Ron Garan dan Michael Fossum, yang sebelumnya terbang dalam Expedition 28 bersama pesawat Soyuz Rusia, pun direkrut. Keduanya akan melakukan spacewalk selama 6,5 jam pada hari kelima misi Atlantis di ISS.

Fossum akan menjadi pemimpin misi spacewalk dan mengenakan spacesuit dengan tanda garis merah. Sementara Garan akan menjadi asistennya dengan mengenakan spacesuit berwarna putih polos. Astronot Atlantis sendiri akan berperan sebagai koreografer spacewalk (Rex Walheim) dan pengontrol lengan robot ISS (Dough Hurley dan Sandy Magnus). Komandan Atlantis Chris Fergusson takkan berperan dalam spacewalk ini.

Misi Atlantis selama 12 hari kali ini sekaligus menjadi penutup karier NASA dalam menerbangkan pesawat ulang-alik. Karena itu, bisa dipastikan spacewalk ini menjadi yang terakhir. Misi penerbangan astronot ke ISS selanjutnya akan dilakukan dengan pesawat Soyuz milik Rusia. Sejauh ini, belum ada rencana spacewalk yang akan diorganisir Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com