Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Spacewalk Saja di Misi Terakhir

Kompas.com - 08/07/2011, 17:54 WIB
EditorA. Wisnubrata

KOMPAS.com — Spacewalk terakhir berhasil dilakukan oleh kru pesawat ulang-alik Endeavour yang baru saja mengakhiri kariernya Mei lalu. Spacewalk itu sempat disebut sebagai yang terakhir hingga NASA memutuskan untuk memasukkan spacewalk dalam agenda misi terakhir Atlantis yang akan diluncurkan malam ini (Jumat, 8/7/2011) pukul 22.26 WIB.

Rencananya, hanya akan ada satu spacewalk dalam misi Atlantis yang akan dijalankan empat astronot kali ini. Spacewalk hanya bertujuan untuk mengambil modul pompa di International Space Station (ISS) yang mengalami kegagalan pada tahun 2010. Modul tersebut rencananya akan dibawa ke bumi bersama kepulangan Atlantis dan dianalisa.  

Kesulitan menjalankan spacewalk muncul sebab anggota kru terlalu minim, biasanya anggota kru pesawat ulang-alik berjumlah 6 orang. Akhirnya, astronot NASA, Ron Garan dan Michael Fossum, yang sebelumnya terbang dalam Expedition 28 bersama pesawat Soyuz Rusia, pun direkrut. Keduanya akan melakukan spacewalk selama 6,5 jam pada hari kelima misi Atlantis di ISS.

Fossum akan menjadi pemimpin misi spacewalk dan mengenakan spacesuit dengan tanda garis merah. Sementara Garan akan menjadi asistennya dengan mengenakan spacesuit berwarna putih polos. Astronot Atlantis sendiri akan berperan sebagai koreografer spacewalk (Rex Walheim) dan pengontrol lengan robot ISS (Dough Hurley dan Sandy Magnus). Komandan Atlantis Chris Fergusson takkan berperan dalam spacewalk ini.

Misi Atlantis selama 12 hari kali ini sekaligus menjadi penutup karier NASA dalam menerbangkan pesawat ulang-alik. Karena itu, bisa dipastikan spacewalk ini menjadi yang terakhir. Misi penerbangan astronot ke ISS selanjutnya akan dilakukan dengan pesawat Soyuz milik Rusia. Sejauh ini, belum ada rencana spacewalk yang akan diorganisir Rusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+