Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamur SpongeBob dari Negara Tetangga

Kompas.com - 17/06/2011, 15:55 WIB

SAN FRANSISCO, KOMPAS.com -Ilmuwan menemukan spesies jamur (tepatnya cendawan atau mushroom) baru di Pulau Borneo, wilayah Lambir, Serawak, Malaysia. Spesies jamur tersebut memiliki ciri mirip dengan tokoh kartun SpongeBob SquarePants, karenanya dinamai Spongiforma squarepantsii.

Spesies jamur baru tersebut memiliki warna oranye cerah serta beraroma buah dan sedikit apak. Dennis Desjardin dari San Fransisco University mengatakan, spesies ini adalah satu dari hanya dua spesies yang termasuk dalam genus Sporangiforma.

Jamur yang tergolong dalam genus itu memiliki ciri unik. "Ini seperti sponge yang memiliki lubang besar. Ketika sedang basah, lembab dan segar, anda bisa memeras airnya dan jamur ini akan kembali ke ukuran semula. Kebanyakan jamur tak begitu," kata Desjardin.

Desjardin mengungkapkan, masih banyak spesies jamur yang belum ditemukan. "Kita harus mengeksplorasi hutan di dunia, menghabiskan waktu berbulan- bulan untuk mengoleksi dan fokus ke grup tertentu. Jika kita melakukan itu, 25-20% yang ditemukan adalah spesies baru," kata Desjardin.  

Spongiforma squarepantsii ditemukan pada tahun 2010. Desajardin terlibat dalam proses mendeskripsikan jamur SpongeBob itu dan mempublikasikan hasilnya di jurnal Mycologia. Menurut Desjardin, kebanyakan spesies jamur yang belum ditemukan berasal dari kelompok selain cendawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com