Jamur SpongeBob dari Negara Tetangga

Kompas.com - 17/06/2011, 15:55 WIB
EditorPepih Nugraha

SAN FRANSISCO, KOMPAS.com -Ilmuwan menemukan spesies jamur (tepatnya cendawan atau mushroom) baru di Pulau Borneo, wilayah Lambir, Serawak, Malaysia. Spesies jamur tersebut memiliki ciri mirip dengan tokoh kartun SpongeBob SquarePants, karenanya dinamai Spongiforma squarepantsii.

Spesies jamur baru tersebut memiliki warna oranye cerah serta beraroma buah dan sedikit apak. Dennis Desjardin dari San Fransisco University mengatakan, spesies ini adalah satu dari hanya dua spesies yang termasuk dalam genus Sporangiforma.

Jamur yang tergolong dalam genus itu memiliki ciri unik. "Ini seperti sponge yang memiliki lubang besar. Ketika sedang basah, lembab dan segar, anda bisa memeras airnya dan jamur ini akan kembali ke ukuran semula. Kebanyakan jamur tak begitu," kata Desjardin.

Desjardin mengungkapkan, masih banyak spesies jamur yang belum ditemukan. "Kita harus mengeksplorasi hutan di dunia, menghabiskan waktu berbulan- bulan untuk mengoleksi dan fokus ke grup tertentu. Jika kita melakukan itu, 25-20% yang ditemukan adalah spesies baru," kata Desjardin.  

Spongiforma squarepantsii ditemukan pada tahun 2010. Desajardin terlibat dalam proses mendeskripsikan jamur SpongeBob itu dan mempublikasikan hasilnya di jurnal Mycologia. Menurut Desjardin, kebanyakan spesies jamur yang belum ditemukan berasal dari kelompok selain cendawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.