Makam Berusia 4.000 Tahun Ditemukan

Kompas.com - 22/10/2010, 16:32 WIB
EditorTri Wahono

KAIRO, KOMPAS.com — Para arkeolog telah menemukan makam kuno berasal dari zaman Firaun yang usianya sudah lebih dari 4.000 tahun di dekat Piramid Giza. Pemerintah Mesir mengumumkannya minggu ini.

Indah dalam hiasannya, makam itu ditemukan di dekat makam para pembangun piramida. Makam yang ditemukan itu diketahui merupakan milik Rudj-Ka, pemuka agama yang hidup pada masa Dinasti Kelima Mesir Kuno atau sekitar 2465-2323 SM. Ia diketahui juga merupakan anggota pengadilan Mesir Kuno. Di masanya, imam itu bertugas sebagai pemimpin ritual upacara penghormatan Khafre, penguasa Dinasti Keempat Mesir Kuno yang juga dikenal dengan nama Chephren.

Bagian permukaan dari makam Rudj-ka berhiaskan lukisan kehidupan sehari-hari orang Mesir kuno. Salah satu dinding makamnya melukiskan Rudj-Ka sedang berlayar mencari ikan. Sementara di dinding lainnya menggambarkan sang pemuka agama dan istrinya berdiri di depan meja yang penuh dengan roti, angsa, dan hewan ternak.

Zahi Hawass, Sekretaris Umum Egypt's Supreme Council of Antiquities, mengatakan bahwa penemuan ini mungkin mengindikasikan adanya kompleks pekuburan besar di dekat salah satu piramida terbesar itu. "Makam kuno ini bisa menjadi yang pertama yang ditemukan di area itu. Kami berharap bisa menemukan makam-makam yang diperuntukkan bagi para anggota pengadilan masa itu," tandas Hawass.

Ia juga berspekulasi bahwa makam itu mungkin merupakan kelanjutan dari kompleks pemakaman di Giza. Sebab, kompleks pemakaman di dataran tinggi Giza diketahui sudah terlalu padat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.