Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY Bagikan Jutaan Biji Trembesi ke Semua Provinsi

Kompas.com - 13/01/2010, 18:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan pengarahan dan pembekalan kepada Gubernur dan kepala Dinas kehutanan seluruh Indonesia, terkait dengan dikembangkannya budidaya dan penanaman pohon trembesi (Samanea saman). Pengarahan Presiden berlangsung di Istana Negara, dihadiri oleh unsur TNI, Polri, Perguruan Tinggi, LSM, Swasta dan jajaran Departemen kehutanan, baik pusat maupun daerah.

Pada kesempatan tersebut Presiden membagi biji pohon trembesi masing-masing 1 juta butir kepada para Gubernur di seluruh Indonesia untuk disemaikan dan dikembangkan di daerah masing-masing. "Bulan Desember yang lalu saya bertemu dengan para gubernur di Palangkaraya, ada asosiasi para Gubernur yang dipimpin Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Di situ saya menyampaikan kepada para Gubernur, Insya Allah saya akan membantu untuk pengembangbiakan pohon trembesi dengan cara memberikan bantuan biji Trembesi," ujar SBY saat memebrikan arahan kepada para peserta di Istana Negara, Rabu (13/1/2010).

Presiden SBY juga memberikan bibit kepada dunia usaha dan pihak swasta atau dunia usaha itu untuk memancing kesadaran. "Dikasih sekian, dia pasti bisa memberikan jauh lebih banyak lagi. Oleh karena itu harapan saya, benar-benar terjadi kampanye nasional dalam rangka menyelamatkan bumi, melestarikan lingkungan di negeri kita," paparnya. Bukan hal yang gampang memang menanam biji trembesi, namu dengan kesabaran dan ketekunan dimungkinan trembesi bisa tumbuh dnegan subur. Hal itu bisa dilihat di halaman tengah Istana Negara di mana ada dua buah pohon trembesi yang ditanam pada jaman Presiden Soekarno dan usianya mencapai lebih dari seratus tahun.

"Yang kita persiapkan sekitar 42 juta biji. Kalau tumbuh, anggaplah yang konservatif 80 persen tumbuh dari biji itu, maka itu sudah lumayan. Kemudian setelah ditanam, mungkin yang jadi anggaplah 70 persen dari itu, itupun juga lumayan karena total kita merencanakan 240 juta biji trembesi. Tapi jangan salah paham, trembesi hanya salah satu dari upaya Gerakan Menanam dan Memelihara Pohon, hanya salah satu dari upaya penghijauan negeri kita, masih banyak jenis yang lain. Sebagai contoh kalau di lingkungan rumah tangga, pedesaan, itu bisa ditanam pohon-pohonan yang menghasilkan buah," jelasnya.

SBY menjelaskan bahwa apa yang ia inginkan dan dicanangkan saat ini tidak asal-asalan, tapi bagian integral dari upaya pengurangan CO2 atau emisi karbon Indonesia sebesar 26 persen pada tahun 2020. "Kalau hanya mengandalkan program pemerintah, meskipun Departemen Kehutanan merancang mulai tahun ini 500 ribu hektar pertahun, tapi itu belum cukup. Oleh karena itu saya mengajak seluruh rakyat Indonesia, seluruh komponen bangsa untuk melengkapi, memperkuat, menmperlebar, memperluas apa yang dilakukan Departemen Kehutanan itu dengan Gerakan Nasional Menanam dan Memelihara Pohon," tambahnya. (Persda Network/YON)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com