Pertahankan Habitat Alami Orangutan di Hutan Kalimantan

Kompas.com - 11/11/2009, 17:59 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com - Habitat terbaik orangutan (Pongo pygmaeus morio) Kalimantan Timur ialah hutan tropis alami yang dipenuhi tumbuhan pakan yang kaya buah dan daun. Orangutan pemakan kulit pohon dan daun akasia di areal PT Surya Hutani Jaya di Kaltim itu diyakini tidak hidup lama karena terpaksa akibat habitat alami telah rusak sehingga tumbuhan pakan langka.

Konsultan dan peneliti pada Orangutan Conservation Service Program Erik Meijaard mengatakan itu saat dihubungi dari Kota Samarinda, Rabu (11/11). Erik yang sedang berada di Puncak, Bogor, Jawa Barat saat dihubungi selama ini aktif meneliti orangutan Kaltim sejak 1992.

Erik mengatakan, dalam setahun, orangutan mengonsumsi lebih dari 100 jenis tumbuhan pakan agar bisa hidup lama. Banyak jenis buah dan daun dikonsumsi orangutan ibarat makanan manusia harus bergizi seimbang guna mendapat harapan hidup lama.

"Hutan tanaman industri tidak baik sebagai habitat orangutan. Yang terbaik ialah mempertahankan hutan alami yang masih ada dalam areal perusahaan untuk habitat orangutan," kata Erik.