Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Jadi Nama Spesies Baru Lumut Kerak

Kompas.com - 19/04/2009, 16:06 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Nama Presiden Amerika Serikat Barack Obama diabadikan menjadi nama spesies liken atau sering disebut lumut kerak yang baru ditemukan. Liken tersebut ditemukan tahun 2007 di Pulau Santa Rosa, California.

"Saya menamainya Caloplaca obamae untuk menunjukkan penghargaan atas dukungan terhadap sains dan pendidikan sains oleh Presiden," ujar penemunya, Kerry Knudsen, kurator liken dari Universitas California yang mempublikasikan temuannya itu dalam jurnal Opuscula Philolichenum edisi Maret. Caloplaca obamae merupakan spesies pertama yang mengabadikan nama Obama.

Liken pada dasarnya merupakan hasil simbiosis mutualisme antara jamur dan alga yang tumbuh bersama. Strukturnya seperti lumut namun bentuknya seperti daun kering sehingga disebut lumut kerak.

Caloplaca obamae hidup di tanah, pertumbuhannya sangat lambat, dan siklus hidupnya sampai beberapa tahun. Spesies tersebut sebelumnya terancam punah karena maraknya peternakan di pulau tersebut sehingga tak ada tanah kosong yang "perawan".

"Namun, dengan dikuranginya ternak saat ini, ia mulai berkembang kembali," ujar Knudsen. Saat ini tinggal populasi rusa yang dikhawatirkan mengganggu karena berkembang iak sangat pesat.

Saat ini ada sekitar 17.000 spesies liken yang telah ditemukan di seluruh dunia. Sekitar 1500 di antaranya ada di California. Lebih dari 300 spesies ada di Pulau Santa Rosa dan sebagain besar endemik hanya ditemukan di pulau tersebut.

"C. obamae memberi pelajaran kepada kita bahwa mungkin spesies liken dan tumbuh-tumbuhan unik di Pulau Santa Rosa bisa punah tanpa pengetahuan mengenainya, apalagi sejak peternakan masuk ek wilayah tersebut sejak tahun 1850-an," jelas Knudsen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com