Temuan Fosil Prasejarah di Oku Sumsel Diteliti

Kompas.com - 06/03/2009, 23:48 WIB
EditorJodhi Yudono

PALEMBANG, JUMAT--Temuan sejumlah fosil kerangka manusia yang sudah membatu (fosil), diperkirakan dari zaman prasejarah  diketahui oleh para peneliti di Gua Harimau, Desa Padang Bindu, Kec. Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan (Sumsel) kini diteliti.

Informasi dari Pemda Kabupaten OKU, di Baturaja, Jumat, bahwa para peneliti dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas) yang terjun ke lokasi di Gua Harimau hingga akhir Februari lalu telah memastikan penemuan sebanyak empat kerangka manusia yang diduga dari zaman purba dan telah menjadi fosil, ditaksir berusia 3.000-an tahun, panjang kerangka yang masih utuh sekitar dua meter.

Penelitian sebelumnya di daerah itu telah dilaksanakan pada tahun 2007 dan 2008.

Selain penemuan fosil, para peneliti tersebut telah menemukan  beberapa peninggalan (artefak), di antaranya sejumlah lukisan di dinding gua.

Bupati OKU, Yulius Nawawi, kepada wartawan membenarkan temuan para peneliti Puslit Arkenas tersebut.

Lokasi temuan berupa gua--dari belasan gua yang terdapat di wilayah tersebut--berada di dalam kawasan hutan beberapa kilometer selatan Desa Padang Bindu.

Penelitian dilakukan sebuah tim beranggotakan puluhan orang, dipimpin Prof. Dr. Truman Simanjuntak.

Pemda OKU, menurut Bupati, akan mendorong agar wilayah sekitar penemuan benda bersejarah yang direncanakan akan diteliti dan dikaji lebih lanjut oleh tim nasional itu dapat terjaga dan terlindungi.

Pemda setempat juga berencana mengembangkan wilayah tersebut sebagai salah satu objek wisata sejarah kepurbakalaan di daerahnya.

Sebelumnya, sejumlah peneliti juga melaporkan temuan tulisan tangan (prasasti) diperkirakan juga dari zaman prasejarah di wilayah Kota Pagaralam, Sumsel. Di wilayah tersebut selama ini diketahui terdapat sejumlah peninggalan prasejarah yang telah menjadi objek wisata unggulan di sini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.