Catur Kuno Khas Mesir Ditemukan dalam Makam 5000 Tahun

Kompas.com - 06/08/2008, 18:52 WIB
Editor

KAIRO, RABU - Misi penggalian arkeologi Mesir menemukan sebuah makam raja berusia 5.000 tahun di bagian selatan Mesir seprti kantor berita Mesir MENA Rabu (6/8). Makam tersebut ditemukan di kawasan Umm el-Ga'ab, sebelah selatan kota bersejarah Abydos, provinsi Sohag, sekitar 400 kilometer arah selatan Kairo.

Makam, yang berisi 13 kuburan, itu diyakini milik para pegawai senior kerajaan atau orang-orang yang memberi kontribusi bagi pembangunan makam tersebut. Dewan Tinggi Benda Purbakala Mesir juga menemukan suatu alat permainan Mesir kuno yang disebut "Senet" menyerupai alat permainan catur.

MENA melaporkan, ini merupakan alat permainan "Senet" kedua yang pernah ditemukan. Alat permainan Mesir kuno serupa ditemukan pertama kali di makam Raja muda Tutankhamen di dekat kota Luxor, bagian selatan Mesir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.