Eureka! Ada Kadal Tak Berkaki

Kompas.com - 04/05/2008, 19:16 WIB
Editor

JAKARTA, MINGGU - Ada saja temuan mengejutkan dalam setiap ekspedisi ilmiah. Kali ini, spesies kadal tak berkaki ditemukan dari padang sabana di Brazil.

Hewan tersebut memiliki bentuk tubuh seperti ular namun kepala dan tekstur kulitnya seperti kadal. Moncongnya yang panjang dengan semacam pengait di bagian bawah membantunya 'berenang' di tanah yang berpasir. Dilihat dari struktur tubuhnya, hewan tersebut merupakan spesies peralihan antara ular dan kadal dalam evolusi reptil.

Spesies yang unik tersebut merupakan salah satu dari 14 spesies baru serta sejumlah spesies langka dan terancam punah yang ditemukan para peneliti Conservation International (CI) dan Universitas Sao Paulo, Brazil di daerah Cerrado. Dalam ekspedisi tersebut, tim peneliti menyusuri  kawasan bersemak yang diselingi pepohonan tersebut selama empat minggu.

"Sangat mengejutkan bisa menemukan spesies baru dan data yang sangat lengkap, melimpah, dan menyebar dalam satu kawasan yang luas, kompleks, dan masih belum banyak terungkap di Cerrado," ujar Cristiano Nogueira, salah satu biologi dari CI yang memimpin ekspedisi ini.

Namun, para peneliti mengkhawatirkan kelangsungan hewan-hewan tersebut di masa depan karena terancam pembukaan lahan yang dialihfungsikan menjadi peternakan dan lahan pertanian. Kawasan yang dilindungi di Cerrado hanya tersisa 716.000 hektare.