Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bisa Sebabkan Kematian pada Pasien Covid-19, Apa Itu Badai Sitokin?

KOMPAS.com - Virus corona Wuhan atau SARS-CoV-2 dianggap dapat menyebabkan badai sitokin pada paru pasien yang terinfeksi virus tersebut. Hal ini disebut bisa menyebabkan kematian.

Konsultan Paru Sub Infeksi RSUP Persahabatan, dr Erlina Burhan MSc SpP(K), menyatakan bahwa Covid-19 dapat menyebabkan badai sitokin dan berujung kematian itu sangat bisa terjadi.

Apa itu badai sitokin?

Pada prinsipnya, jika ada virus yang masuk ke dalam organ paru di tubuh, maka reaksi yang timbul adalah keluarnya sitokin-sitokin.

Untuk diketahui, sitokin adalah protein yang dihasilkan sistem kekebalan tubuh untuk melakukan berbagai fungsi dan penting dalam penanda sinyal sel.

Pelepasan atau keluarnya sitokin ini dapat mempengaruhi perilaku sel di sekitarnya.

Sitokin yang keluar dalam jumlah sedikit tidak memiliki pengaruh pada kondisi paru pasien, atau keadaan parunya tidak bermasalah.

Akan tetapi kalau jumlah sitokin yang dikeluarkan di paru sudah banyak, disebut sebagai badai sitokin, maka itu akan membuat paru sangat padat dan kaku.

"Itulah yang membuat dia (pasien) sesak, susah bernapas, dan itu yang bisa menyebabkan meninggal," kata Erlina dalam acara "Forum Diskusi SOHO: Cegah Corona dengan Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh", Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Berujung pada kematian akibat badai sitokin ini tergantung pada daya tahan atau sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus yang masuk, juga jumlah virus yang masuk.

"Ya kalau virusnya sedikit, imunnya kuat, ya virusnya kalah, orangnya sembuh," tuturnya.

Namun, jika kondisi imun pasien rendah dan jumlah virus yang masuk banyak, virus itu menang dan terjadilah semua reaksi di dalam tubuh.

Perihal kaitan badai sitokin yang bisa ditangkal dengan curcumin yang terkandung dalam berbagai rempah, Erlina mengaku tidak bisa menjawabnya.

Hal itu dikarenakan hingga saat ini belum ada kajian atau bukti ilmiah mengenai curcumin dan badai sitokin terutama yang disebabkan oleh virus Corona Wuhan atau Covid-19.

"Bahwa curcumin bisa meningkatkan sistem imun, oke, karena itu memang dianggap jamu dan obat tradisional. Tapi kalau sudah badai sitokin kita gak bisa lagi, itu harus tindakan medis," ucap dia.

https://sains.kompas.com/read/2020/02/20/170300223/bisa-sebabkan-kematian-pada-pasien-covid-19-apa-itu-badai-sitokin-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke