Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menyerang Organ, Bagaimana Proses Virus Corona Menginfeksi Manusia?

SARS, MERS, maupun Covid-19 mewabahi dunia karena virus corona yang ditularkan melalui hewan ke manusia.

Bagaimana proses virus corona ini menginfeksi tubuh Anda? 

Dilansir dari National Geographic, Senin (17/2/2020), Covid-19 memiliki genetik yang mirip dengan SARS. Oleh karena itu, para peneliti mempelajari SARS dan MERS untuk mengetahui jawaban dari virus corona Wuhan.

Paru-paru sebagai permulaan

Bagi sebagian besar pasien, Covid-19 dimulai dan berakhir di paru-paru mereka. Virus ini menyebabkan gejala seperti flu, sehingga dikatakan penyakit pernapasan.

Mereka menyebar dengan khas ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, menyemprotkan tetesan yang dapat menularkan virus kepada siapa pun yang berada dalam kontak dekat. Setelah itu, pasien mungkin memulai penyakit dengan demam dan batuk, kemudian berkembang menjadi pneumonia atau semakin memburuk.

Setelah wabah SARS, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa penyakit ini biasanya menyerang paru-paru dalam tiga fase. Yaitu fase replikasi virus, hiper-reaktivitas imun, dan perusakan paru-paru. Namun, tidak semua pasien menjalani ketiga fase ini.

Menurut data awal, 82 persen dari kasus Covid-19 menyebabkan gejala yang lebih ringan, sedangkan sisanya parah atau kritis.

Menurut profesor rekanan Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, Matthew B. Frieman, virus corona Wuhan nampaknya mengikuti pola dari SARS, setelah dia mempelajari virus corona yang sangat patogen.

Pada hari-hari awal infeksi, virus corona Wuhan dengan cepat menyerang sel-sel paru-paru manusia. Sel-sel paru itu datang dalam dua kelas, sel yang membuat lendir dan sel dengan tongkat seperti rambut atau disebut silia.

Meskipun kotor ketika berada di luar tubuh, lendir membantu melindungi jaringan paru-paru dari patogen dan memastikan organ pernapasan Anda tidak mengering. Sel-sel silia berdetak di sekitar lendir, membersihkan puing-puing seperti serbuk sari atau virus.

Frieman menjelaskan bahwa SARS menginfeksi dan membunuh sel silia, yang kemudian mengelupas dan mengisi saluran udara pasien dengan puing-puing dan cairan.

Selain itu, Frieman berhipotesis bahwa hal yang sama terjadi dengan virus corona Wuhan. Itu karena studi paling awal pada Covid-19 telah menunjukkan bahwa banyak pasien mengembangkan pneumonia di kedua paru-paru, disertai dengan gejala seperti sesak napas.

Saat itulah fase dua dan sistem kekebalan tubuh masuk. Karena dihadapkan dengan kehadiran penyerang virus, tubuh kita melangkah untuk melawan penyakit dengan membanjiri paru-paru dengan sel-sel kekebalan untuk membersihkan kerusakan dan memperbaiki jaringan paru-paru.

Ketika bekerja dengan benar, proses inflamasi ini diatur dengan ketat dan hanya terbatas pada area yang terinfeksi. Tetapi kadang-kadang sistem kekebalan tubuh Anda rusak dan sel-sel itu membunuh apa pun di jalan mereka, termasuk jaringan sehat Anda.

"Jadi, Anda mendapatkan lebih banyak kerusakan daripada respon imun," kata Frieman. Bahkan lebih banyak puing menyumbat paru-paru, dan pneumonia memburuk.

Selama fase ketiga, kerusakan paru-paru terus meningkat. Hal ini yang dapat menyebabkan kegagalan pernapasan. Bahkan jika kematian tidak terjadi, beberapa pasien bertahan dengan kerusakan paru-paru permanen.

Menurut WHO, SARS membuat lubang di paru-paru seperti sarang lebah. Lesi ini juga terjadi pada pasien penderita Covid-19. Lubang-lubang ini kemungkinan diciptakan oleh respons hiperaktif sistem kekebalan tubuh yang menciptakan bekas luka yang melindungi dan menegangkan paru-paru.

Ketika itu terjadi, pasien sering harus memakai ventilator untuk membantu pernapasan mereka. 

"Dalam kasus yang parah, Anda pada dasarnya membanjiri paru-paru dan Anda tidak bisa bernapas," kata Frieman. "Begitulah orang-orang sekarat."

Menyerang pencernaan

Selama wabah SARS dan MERS, hampir seperempat pasien mengalami diare. Namun, Frieman masih meragukan apakah Covid-19 dapat menyebabkan masalah pencernaan, mengingat kasus diare dan nyeri perut jarang terjadi. Tetapi mengapa virus pernapasan mengganggu usus?

Ketika virus memasuki tubuh Anda, ia mencari sel manusia dengan pintu favoritnya yaitu protein di luar sel yang disebut reseptor. Jika virus menemukan reseptor yang kompatibel pada sel, ia dapat menyerang. 

"Mereka dapat dengan mudah menembus ke semua jenis sel," kata Anna Suk-Fong Lok, asisten dekan untuk penelitian klinis di University of Michigan Medical School dan mantan presiden American Association for Study of Liver Diseases.

Virus SARS dan MERS dapat mengakses sel-sel yang melapisi usus dan usus besar dan kecil Anda, dan infeksi-infeksi tersebut tampaknya berkembang di usus, sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan atau kebocoran cairan yang menjadi diare.

Tapi Frieman mengatakan kita belum tahu apakah Covid-19 melakukan hal yang sama. Para peneliti percaya Covid-19 menggunakan reseptor yang sama dengan SARS, dan pintu ini dapat ditemukan di paru-paru dan usus kecil Anda.

Dua penelitian, di New England Journal of Medicine dan di medRxiv yang melibatkan 1.099 kasus, juga mendeteksi virus dalam sampel tinja dengan kemungkinan virus dapat menyebar melalui kotoran. Tapi ini jauh dari konklusif.

"Apakah penularan feses semacam itu terjadi untuk virus Wuhan ini, kita tidak tahu sama sekali. Tapi sepertinya ada di bangku dan sepertinya orang memiliki gejala GI yang terkait dengan ini," sambung Frieman.

Merusak darah

Virus corona juga dapat menyebabkan masalah pada sistem tubuh lainnya, karena respons imun hiperaktif yang telah disebutkan sebelumnya.

Faktanya, ada berbagai dampak dari virus corona seperti peningkatan enzim hati, penurunan sel darah putih dan jumlah trombosit, dan tekanan darah rendah. Dalam kasus yang jarang terjadi, pasien menderita cedera ginjal akut dan henti jantung.

Tetapi ini belum tentu merupakan tanda bahwa virus itu sendiri menyebar ke seluruh tubuh, kata Angela Rasmussen, seorang ahli virus dan rekan peneliti di Columbia University Mailman School of Public Health. Itu mungkin badai sitokin.

Sitokin adalah protein yang digunakan oleh sistem kekebalan tubuh sebagai suara alarm, mereka merekrut sel kekebalan ke tempat infeksi. Sel-sel kekebalan kemudian membunuh jaringan yang terinfeksi dalam upaya untuk menyelamatkan seluruh tubuh.

Manusia mengandalkan sistem kekebalan tubuh kita untuk tetap tenang ketika menghadapi ancaman. Tetapi selama infeksi virus corona yang tidak terkendali, ketika sistem kekebalan tubuh membuang sitokin ke dalam paru-paru tanpa regulasi apa pun, pemusnahan ini terjadi.

“Daripada menembak sasaran dengan pistol, Anda menggunakan peluncur rudal,” kata Rasmussen.

Di situlah masalah muncul, tubuh Anda tidak hanya menargetkan sel yang terinfeksi. Ini menyerang jaringan sehat juga. Implikasinya meluas ke luar paru-paru. Badai sitokin menciptakan peradangan yang melemahkan pembuluh darah di paru-paru dan menyebabkan cairan meresap ke kantung udara.

"Pada dasarnya kamu keluar darah dari pembuluh darahmu," kata Rasmussen. Badai tumpah ke dalam sistem peredaran darah Anda dan menciptakan masalah sistemik di banyak organ.

Dari sana, berbagai hal dapat berubah menjadi lebih buruk. Dalam beberapa kasus Covid-19 yang paling parah, respons sitokin dapat mengakibatkan kegagalan multi-organ. Para ilmuwan tidak tahu persis mengapa beberapa pasien mengalami komplikasi di luar paru-paru, tetapi mungkin terkait dengan kondisi yang mendasarinya seperti penyakit jantung atau diabetes.

"Bahkan jika virus tidak sampai ke ginjal dan hati dan limpa dan hal-hal lain, itu dapat memiliki efek hilir yang jelas pada semua proses itu," kata Frieman. Dan saat itulah segalanya menjadi serius.

Hati, organ hilir yang juga menderita

Ketika virus corona zoonosis menyebar dari sistem pernapasan, hati Anda seringkali menjadi organ hilir yang menderita. Dokter telah melihat indikasi cedera hati ringan karena SARS, MERS, dan Covid-19, meskipun kasus yang lebih parah telah menyebabkan kerusakan hati yang parah dan bahkan gagal hati.

"Begitu virus masuk ke aliran darah Anda, mereka bisa berenang ke bagian mana pun dari tubuh Anda. Hati adalah organ yang sangat vaskular sehingga (virus corona) dapat dengan mudah masuk ke hati Anda," ujar Lok.

Lok menjelaskan, dalam tubuh normal, sel-sel hati terus mati dan melepaskan enzim ke dalam aliran darah Anda. Organ yang banyak akal ini kemudian dengan cepat meregenerasi sel-sel baru dan melanjutkan harinya. Karena proses regenerasi itu, hati dapat menahan banyak luka.

Namun, ketika Anda memiliki tingkat enzim yang tinggi dan abnormal dalam darah, seperti yang sudah menjadi ciri umum pasien yang menderita SARS dan MERS, itu adalah tanda peringatan.

Lok mengatakan para ilmuwan tidak sepenuhnya memahami bagaimana virus pernapasan ini berperilaku di hati. Virus itu mungkin secara langsung menginfeksi hati, mereplikasi dan membunuh sel itu sendiri. Atau sel-sel itu mungkin kerusakan tambahan karena respon imun tubuh Anda terhadap virus memicu reaksi peradangan yang parah pada hati.

Namun, dia mencatat bahwa gagal hati tidak pernah menjadi satu-satunya penyebab kematian bagi pasien SARS.

“Pada saat gagal hati, seringkali Anda akan menemukan bahwa pasien tidak hanya memiliki masalah paru-paru dan masalah hati tetapi mereka juga mungkin memiliki masalah ginjal. Pada saat itu menjadi infeksi sistemik,” sambung Lok.

Ginjal: semuanya terhubung

Ginjal Anda juga akan terkena dalam kekacauan virus ini. Buktinya, enam persen pasien SARS dan seperempat MERS mengalami cedera ginjal akut. Penelitian mengungkapkan bahwa Covid-19 juga dapat melakukan hal yang sama.

Seperti halnya hati, ginjal Anda bertindak sebagai penyaring darah. Setiap ginjal diisi dengan sekitar 800.000 unit penyulingan mikroskopis yang disebut nefron. Nefron-nefron ini memiliki dua komponen utama: saringan untuk membersihkan darah dan beberapa tabung kecil yang mengembalikan barang-barang bagus kembali ke tubuh Anda atau mengirim limbah ke kandung kemih Anda sebagai urin.

Ini adalah tubulus ginjal yang tampaknya paling terpengaruh oleh virus corona. Setelah wabah SARS, WHO melaporkan bahwa virus itu ditemukan di tubulus ginjal, yang dapat meradang.

Tidak jarang mendeteksi virus di tubulus jika ada dalam aliran darah Anda, kata Kar Neng Lai, seorang profesor di Universitas Hong Kong dan konsultan nefrologi di Sanatorium dan Rumah Sakit Hong Kong. Karena ginjal Anda secara terus menerus menyaring darah, kadang-kadang sel tubular dapat menjebak virus dan menyebabkan cedera sementara atau lebih ringan.

Cedera itu bisa menjadi mematikan jika virus menembus sel dan mulai bereplikasi. Tetapi Lai, yang juga anggota kelompok peneliti pertama yang melaporkan SARS dan berkontribusi pada penelitian Ginjal Internasional, mengatakan tidak ada bukti bahwa virus SARS bereplikasi pada ginjal.

Temuan itu, kata Lai, menunjukkan cedera ginjal akut pada pasien SARS mungkin karena beragam penyebab. Termasuk tekanan darah rendah, sepsis, obat-obatan, atau gangguan metabolisme. Sementara itu, kasus yang lebih parah yang menyebabkan gagal ginjal akut menunjukkan tanda-tanda atau badai sitokin.

Gagal ginjal akut kadang-kadang juga dapat disebabkan oleh antibiotik, kegagalan multi-organ, atau dihubungkan ke ventilator terlalu lama. Oleh karena itu, semuanya terhubung.

Kehamilan dan virus corona

Banyak informasi meresahkan yang mengaitkan kehamilan dan infeksi virus corona. Misalnya minggu lalu, dokter di sebuah rumah sakit di Wuhan melaporkan bahwa dua bayi dinyatakan positif virus corona baru, hanya 30 jam setelah kelahiran.

Kejadian tersebut menimbulkan pertanyaan apakah wanita hamil dapat menginfeksi anak sejak dalam kandungan, atau apakah penyakit itu dapat ditularkan selama kelahiran atau melalui ASI.

Walaupun begitu, penularan ibu-ke-bayi tidak diamati dengan SARS atau MERS meskipun banyak kasus yang melibatkan wanita hamil. Selain itu, menurut Rasmussen, ada cara lain bayi baru lahir dapat tertular virus corona. Seperti dengan dilahirkan di rumah sakit yang dibanjiri pasien yang terinfeksi selama keadaan darurat yang sibuk.

Bahkan, sebuah penelitian baru yang diterbitkan Kamis di The Lancet menawarkan bukti awal bahwa virus corona tidak dapat ditularkan dari ibu ke anak.

Dalam laporan itu, para peneliti mengamati sembilan wanita di Wuhan yang menderita pneumonia Covid-19. Beberapa wanita mengalami komplikasi kehamilan, tetapi semua kasus mengakibatkan kelahiran hidup tanpa bukti penularan infeksi.

Meskipun penelitian ini tidak sepenuhnya mengesampingkan kemungkinan penularan selama kehamilan, studi ini menggarisbawahi perlunya berhati-hati dalam berspekulasi tentang penyakit ini.

“Perlu ada standar bukti yang tinggi sebelum Anda dapat mengatakan bahwa itu terjadi secara definitif dan tentunya sebelum Anda mulai membuat perubahan pada bagaimana kasus dikelola secara klinis atau dalam hal kebijakan publik,” kata Rasmussen.

Frieman setuju. Dia berharap epidemi ini akan mendorong lebih banyak dana untuk penelitian coronavirus seperti janji baru-baru ini dari Uni Eropa dan Yayasan Bill & Melinda Gates. Tetapi Frieman menginginkan dukungan dan minat untuk bertahan bahkan jika wabah ini akhirnya gagal, tidak seperti apa yang terjadi dengan penelitian SARS .

https://sains.kompas.com/read/2020/02/17/130300723/menyerang-organ-bagaimana-proses-virus-corona-menginfeksi-manusia-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke