Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Evakuasi Lanjutan Covid-19, Pemerintah Tunggu WHO Lepas PHEIC

KOMPAS.com - Pemerintah masih menunggu pernyataan resmi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk evakuasi lanjutan WNI dari virus corona di China.

"Kita selalu fokus, kita selesaikan dulu ini (pemulangan WNI dari Natuna). Kemudian kita menunggu (status) PHEIC dari WHO," ujar Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto saat memberi pernyataan resmi kepada media terkait pemulangan WNI di Natuna, Kepri, Sabtu (15/2/2020).

Saat ini, sebanyak 238 warga negara Indonesia (WNI) yang dikarantina selama 14 hari di Natuna, telah dinyatakan bebas dari infeksi virus corona.

Para WNI ini dievakuasi dari kota Wuhan, China, setelah virus Covid-19 menyebar menginfeksi ribuan orang di kota tersebut.

Terkait evakuasi WNI lainnya, Terawan tegaskan masih menunggu pernyataan resmi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (PHEIC) dari WHO.

"Kita masih menunggu semua konfirmasi dari WHO tentang Public Healt Emergency of International Concern. Kalau semua (pintu masuk ke China) masih di ditutup, ya, tidak bisa (evakuasi lanjutan) dilakukan," jelas Terawan.

Perwakilan WHO, N Paranietharan menyatakan ke 238 WNI yang dipulangkan dari Wuhan, China dan telah menjalani masa karantina selama 14 hari, telah dinyatakan bebas dari virus corona (Covid-19).

"Pertama-tama kami sangat senang, tidak ada yang memiliki gejala virus corona dan kami senang telah menyelesaikan 14 hari ini tanpa kejadian atau penyakit (akibat Covid-19)," ujarnya.

Paranietharan juga mengapresiasi pemerintah Indonesia dan seluruh pihak terkait, seperti BNPB hingga Kementerian Kesehatan yang sangat cepat dalam mengevakuasi dan menangani warganya yang kembali dari Wuhan, lokasi pertama penyebaran virus Covid-19.

"Selama 14 hari karantina, mereka tidak memiliki gejala (infeksi virus corona Covid-19) dan sekarang kami akan membebaskan mereka. Saat mereka kembali ke lingkungannya, mereka benar-benar sehat, tidak ada yang perlu dikhawatirkan," sambung Paranietharan.

https://sains.kompas.com/read/2020/02/15/135219723/evakuasi-lanjutan-covid-19-pemerintah-tunggu-who-lepas-pheic

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke