Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anda Perokok Aktif tapi Tak Kena Kanker Paru? Ini Penjelasan Ahli

Dijelaskan oleh Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Dr dr Agus Dwi Susanto SpP(K), bahwa paru-paru diciptakan bukan untuk dialiri udara yang beracun, tetapi untuk udara yang bersih.

"Tidak ada ceritanya paru-paru tetap sehat kalau dialiri udara beracun," kata dia.

Paparan asap rokok tidak hanya menjadi pemicu dari kanker paru, tetapi juga berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Hal itu dikarenakan kandungan yang karsinogenik sebagai pemicu kanker, terbukti secara medis terdapat dalam komponen bahan pembuatan rokok apapun jenisnya baik konvensional maupun elektronik.

Berhenti merokok sesegera mungkin akan memperkecil orang tersebut terkena kanker paru yang mematikan.

"Kalau ada orang mengatakan merokok tapi tidak sakit, risiko penyakit lain juga bisa terjadi bukan hanya kanker paru saja," tuturnya.

Aktif merokok, tapi kenapa tidak ada gejala sakit?

Untuk diketahui, kanker atau tumor yang tumbuh dan berada di tengah bagian paru memang tidak akan menimbulkan gejala yang menyakitkan.

Tetapi ketika sel kanker tersebut telah menyebar dan mengganggu bagian organ lainnya seperti syaraf dan menyumbat saluran pernapasan, barulah orang tersebut akan merasakan sakit. Seperti sesak nafas, nyeri dada, dan batuk berlebihan hingga berdarah.

"Karena gejalanya enggak ada di awal tumor muncul di paru, itulah banyak yang terlambat ke dokter, pas ke dokter tahu-tahu sudah stadium 4," ucap dia.

Umumnya, pada fase stadium awal, kanker paru tidak memiliki gejala yang berarti di tubuh pasien. Sementara, gejala muncul saat kanker sudah memasuki stadium lanjut yaitu 3-4, di mana sel kanker telah menyebar dan menyerang organ lain.

Pada fase kanker stadium 4, angka harapan hidup menjadi sangat kecil sekali dibandingkan fase stadium awal 1 dan 2.

Rokok menjadi faktor risiko utama kanker paru yang menjadi penyebab banyaknya kematian pada pria. Berdasarkan banyak penelitian, kata Agus, 90 persen perokok aktif pasti akan mendapati penyakit.

https://sains.kompas.com/read/2020/02/12/200300723/anda-perokok-aktif-tapi-tak-kena-kanker-paru-ini-penjelasan-ahli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke