Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Robot Medis ini Mengambil Darah Pasien, Akankah Gantikan Peran Dokter?

KOMPAS.com - Setelah robot-robot dibuat untuk terbang ke luar angkasa hingga robot yang mengerjakan berbagai kegiatan manusia. Kali ini, akan ada robot gantikan peran dokter mengambil darah pasien.

Dunia kedokteran telah lama mengaplikasikan robot untuk membantu dokter dan tenaga medis, seperti mengoperasi pasien.

Melansir CNET, Senin (10/2/2020), sebuah prototipe robot medis kembali dibuat untuk membantu pekerjaan dokter maupun perawat dalam mengambil darah manusia.

Robot ini dikembangkan dan dibuat oleh peneliti dari Rutgers University di New Jersey, Amerika Serikat.

Prototipe robot ini berhasil menunjukkan kinerja yang baik, bahkan dalam beberapa kasus pengujian, robot ini lebih baik daripada profesional tenaga medisnya.

Percobaan klinis pada manusia, robot pengambil sampel darah ini memberikan waktu yang lebih bebas bagi perawat maupun dokter.

Sebab, mereka akan lebih punya banyak waktu untuk merawat pasien, daripada harus menyuntik untuk mengambil darah pasien.

Dipandu dengan USG, robot akan dengan mudah menemukan pembuluh darah, kemudian menusuknya dengan jarus dan mengambil darah pasien.

Bahkan, robot ini juga diklaim dapat langsung menganalisan darah berbasis centrifruge.

Hasil uji coba ini diterbitkan dalam jurnal Technology dan hasilnya menunjukkan beberapa keberhasilan.

Berdasarkan uji coba tersebut, menunjukkan perangkat robot memungkinkan memiliki tingkat keberhasilan sebesar 87 persen untuk 31 pasien yang diambil darahnya.

Selain itu, untuk 25 peserta yang pembuluh darahnya mudah diakses, tingkat keberhasilannya mencapai 97 persen.

Studi sebelumnya telah menunjukkan perawatan kesehatan secara profesional memiliki tingkat keberhasilan 73 persen pada pasien tanpa vena yang terlihat.

Sedangkan pada pasien tanpa vena teraba keberhasilan 60 persen dan 40 persen pada pasien kurus.

Penulis utama dan mahasiswa doktoral di Rutgers-New Brunswick School of Engineering, Josh Leipheimer mengatakan perangkat ini akan dapat membantu dokter mendapatkan sampel darah dengan cepat, aman dan andal.

"Mencegah komplikasi dan rasa sakit yang tidak perlu pada pasien dari berbagai upaya pemasangan jarum," jelas Leipheimer.

Bahkan, menurut pihak universitas, perangkat robot medis pengambil darah ini juga dapat digunakan untuk prosedur medis umum lain, seperti kateterisasi dan dialisis IV.

https://sains.kompas.com/read/2020/02/10/180300223/robot-medis-ini-mengambil-darah-pasien-akankah-gantikan-peran-dokter-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke