Salin Artikel

Cegah Masuknya Virus Corona ke Indonesia, Ini Langkah PMI

KOMPAS.com - Virus corona dari China telah menyebar ke sejumlah negara dan mengakibatkan lebih dari 490 orang meninggal. Palang Merah Indonesia (PMI) menyiapkan langkah untuk menghadapi wabah ini.

Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla (JK) mengatakan saat ini para peneliti di dunia berlomba mencari obat dan virus untuk mengatasi virus corona.

"Seluruh laboratorium di universitas yang hebat-hebat, termasuk Universitas Airlangga. Berlomba dengan waktu (mencari vaksi virus corona)," kata JK dalam silahturahmi bersama dengan pemimpin redaksi sejumlah media massa di kediamannya, Rabu (5/2/2020).

Terkait upaya pencegahan terhadap merebaknya virus corona di Indonesia, PMI telah menyiapkan sejumlah langkah, di antaranya:

1. Pendampingan PMI di Natuna kepada WNI dari Wuhan

Pemerintah telah mengevakuasi lebih dari 200 WNI dari kota Wuhan, China.

Namun, sebelum kembali ke keluarganya, para WNI ditampung di Natuna untuk dipastikan tidak tertular virus corona.

Menyikapi hal itu, PMI pusat melakukan pendampingan terhadap PMI Provinsi Kepri dan kabupaten Natuna dalam berbagai upaya pencegahan penyebaran virus corona di Indonesia.

2. PMI mengimbau kesiapsiagaan di daerah

Seluruh PMI di daerah diimbau untuk melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan pengendalian virus 2019-nCov.

Di antaranya dengan koordinasi dengan dinas kesehatan setempat, edukasi terhadap personil maupun kepada masyarakat, perlindungan staf, serta prokol kesiapsiagaan 2019-nCov.

3. PMI mengembangkan materi KIE pencegahan virus corona

Terkait edukasi, baik kepada seluruh personil PMI di daerah, maupun masyarakat, PMI pusat telah mengembangkan materi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE).

Materi ini terkait dengan pencegahan penyakit Novel Coronavirus nCoV dan membagikannya secara luas melalui media sosial dan alat komunikasi elektronik.

Semua pesan utama dalam materi KIE merujuk pada sumber-sumber dari Kemenkes, WHO dan IFRC.

4. Edukasi pencegahan virus corona lewa media sosial

PMI memperluas edukasi tentang virus corona dan pencegahannya ke berbagai media.

Terutama jangkauan edukasi tentang Kesiapsiagaan Novel Coronavirus (2019 nCoV) melalui o?cial media social PMI (Facebook, Instagram dan Twitter).

5. Ruang isolasi di RS PMI Bogor

Jika ditemukan virus corona asal China di Indonesia, maka RS PMI di Bogor telah menyiapkan ruangan khusus untuk isolasi pasien.

Ruang khusus isolasi di UGD di RS PMI akan dilengkapi dengan standar operasional serta panduan untuk penanganan kasus virus corona, apabila diketahui ada pasien yang positif tertular virus ini.

https://sains.kompas.com/read/2020/02/06/183300123/cegah-masuknya-virus-corona-ke-indonesia-ini-langkah-pmi

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.