Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Ini dan Besok, BMKG Imbau Warga Siaga Banjir di Wilayah Berikut

KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat waspada terhadap potensi banjir pada 24-25 Januari 2020, karena curah hujan lebat.

Disampaikan oleh Deputi Bidang Meteorologi, Drs R Mulyono R Prabowo MSc, bahwa himbauan tersebut berdasarkan analisis sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Hindia Selatan Lampung yang diprakirakan akan terbentuk pada tanggal 24 hingga 26 Januari 2020.

Sirkulasi siklonik tersebut akan menyebabkan terbentuknya pola korvergensi atau pertemuan angin, serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat.

Selain itu, kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembab dari lapisan bawah cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer.

"Kedua faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat," kata Mulyono dalam rilis resmi yang dikeluarkan BMKG.

Berdasarkan prakiraan berbasis dampak hujan lebat, beberapa wilayah berikut adalah wilayah yang perlu melakukan antisipasi terhadap dampak banjir dari hujan lebat antara lain:

  • DKI Jakarta (SIAGA)
  • Jawa Barat (SIAGA)
  • Jawa Tengah (SIAGA)
  • Sulawesi Tengah (SIAGA)
  • Sulawesi Barat (SIAGA)

Masyarakat juga diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

https://sains.kompas.com/read/2020/01/24/102722223/hari-ini-dan-besok-bmkg-imbau-warga-siaga-banjir-di-wilayah-berikut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke