BrandzView
Konten ini merupakan kerjasama Kompas.com dengan MSD Indonesia
Salin Artikel

Mengenal Sejarah Imuno Onkologi, Salah Satu Pengobatan Kanker Paru...

KOMPAS.com – Kanker paru merupakan salah satu jenis kanker yang banyak diderita masyarakat Indonesia.

Data terbaru dari International Agency for Research on Cancer (IARC), Global Cancer Observatory 2018 menyatakan penderita kanker paru di Indonesia sebanyak 30.023 jiwa dengan angka kematian mencapai 26.095 jiwa.

Dengan jumlah tersebut, Indonesia menempati urutan pertama negara dengan penderita terbanyak kanker paru di Asia Tenggara.

Salah satu faktor banyaknya penderita yang tutup usia karena penyakit ini adalah rendahnya harapan hidup pasien.

Pasalnya, kanker paru kerap terdeteksi pada stadium lanjut, karena tidak adanya gejala khas yang timbul pada awal berkembanganya penyakit. Karena hal ini, para pasien baru mengunjungi dokter saat sudah ada gejala stadium lanjut seperti batuk darah.

Namun, seiring berjalannya waktu saat ini terdapat salah satu pengobatan kanker paru yang disinyalir mampu memperbesar harapan hidup pasiennya, yakni imuno onkologi.

Kebanyakan orang awam mungkin akan bertanya-tanya bila mendengar istilah imuno onkologi. Imuno onkologi atau biasa disingkat IO ini sering kali juga disebut imunoterapi.

Istilah imuno onkologi memang baru akhir-akhir ini disebut sebagai pengobatan yang lebih inovatif daripada kemoterapi.

Namun, sebelum berbicara tentang bagaimana cara pengobatan ini dilakukan, ada baiknya untuk menyelisik sejarah awal terciptanya pengobatan imuno onkologi.

Memacu sistem kekebalan tubuh

Semua berawal pada akhir abad ke-19 saat seorang peneliti asal Amerika Serikat, William B. Coley menemukan sebuah metode untuk mengalahkan sel kanker.

Pada 1891, pria yang juga dikenal sebagai Bapak Imuno Onkologi ini mengamati bahwa infeksi dalam tubuh pasien kanker terkadang berhubungan dengan kesembuhan penyakit.

Dengan demikian, ia berpendapat bahwa membuat tubuh pasien mengalami infeksi secara sengaja mungkin bisa membantunya mengobati kanker.

Untuk menguji pemikiran itu, Coley menyuntikkan bakteri Streptococcus pyogenes dan Serratia marcescens ke dalam tubuh pasien. Ia memanfaatkan campuran itu untuk menyebabkan infeksi pada pasien kanker, melansir Targetedonc.com, Kamis (21/8/2014).

Bakteri ini kemudian memacu sistem kekebalan pasien untuk menyerang infeksi dan segala jenis benda asing apapun di dalam tubuh, termasuk tumor.

Melansir Kompas.com, Jumat (16/6/2017), saat ini imuno onkologi merupakan pengobatan kanker yang bertujuan mencegah interaksi antara sel T milik sistem imun dan tumor.

Saat tumor dan sel T berinteraksi, sebuah protein di tumor yang disebut Programmed Death-Ligand 1 (PD-L1) melumpuhkan sel T sehingga sel-sel imun segera mendeteksi dan membunuh sel-sel kanker.

Efek samping rendah

Beberapa tahun belakangan, pengobatan kanker dengan metode imuno onkologi kembali mengemuka di Indonesia dan disinyalir mampu membantu meningkatkan kualitas hidup pasien kanker paru stadium akhir dengan memulihkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Sudah ada banyak riset penelitian imuno onkologi yang dilakukan termasuk riset yang diterbitkan oleh University of Wollongong, Australia.

Menurut riset yang diterbitkan University of Wollongong, Australia pada 2019 tersebut, rata-rata tingkat harapan hidup (Median Overall Survival Rate) terapi imuno onkologi dapat mencapai hingga 30 bulan.

Angka tersebut lebih tinggi sekitar 88 persen dibandingkan dengan rata-rata tingkat harapan hidup dari kemoterapi yang hanya mencapai 14,2 bulan. Sebuah pencapaian yang sangat baik dalam dalam hal penanganan kanker.

Selain itu, pasien yang menjalani terapi imuno onkologi tidak akan mengalami efek samping seperti kerontokan rambut.

Oleh karena itu, imuno onkologi juga disebut sebagai terapi yang menjaga dan meningkatkan kualitas hidup pasiennya karena mereka tetap bisa beraktivitas seperti biasa, meskipun tengah berada di masa pengobatan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kanker paru dan pengobatan imuno onkologi, silakan berkonsultasi dengan dokter spesialis onkologi atau kunjungi situs www.lawankankerdaridalam.com.

https://sains.kompas.com/read/2019/12/13/101356323/mengenal-sejarah-imuno-onkologi-salah-satu-pengobatan-kanker-paru

Bagikan artikel ini melalui
Oke