Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Toilet Sedunia, Simak 5 Langkah Tepat Membersihkan Kamar Mandi

KOMPAS.com – Kamar mandi adalah salah satu elemen terpenting dalam rumah. Kamar mandi yang tidak higienis bisa menyebabkan berbagai penyakit. Sanitasi yang buruk juga bisa berdampak fatal terhadap kesehatan seluruh anggota keluarga.

Antonius Pandu selaku Senior Brand Manager Cleaners, Unilever Indonesia, menyebutkan bahwa lebih dari 70 persen rumah tangga di Indonesia belum membersihkan kamar mandi dan toilet dengan benar.

“Kami percaya kesehatan keluarga berawal dari lingkungan sehat di rumah,” tutur Antonius dalam acara yang diadakan oleh Vixal (Unilever) di Jakarta, Senin (18/11/2019).

Selaras dengan Antonius, Dokter Mikrobiologi Klinis, Dr dr Wani Gunardi Sp.MK(K) juga mengatkan bahwa kamar mandi adalah area dengan jumlah kuman yang banyak. Virus, bakteri, dan jamur memang sangat berkembang di area lembap seperti kamar mandi.

“Beberapa kuman yang kerap ditemukan di kamar mandi antara lain E.coli, Listeria, Shigella, Cholera, Typhoid, dan Rotavirus. Ada pula bakteri Salmonella yang menyebabkan tipes dan diare. Sementara Shigella menyebabkan disentri,” ungkapnya.

Kamar mandi yang tidak higienis bisa menyebabkan berbagai penyakit antara lain saluran pencernaan, saluran pernafasan, juga peyakit kulit. Oleh karena itu, penting bagi anggota rumah tangga untuk membersihkan kamar mandi dengan tepat.

Berikut lima langkah tepat membersihkan kamar mandi yang baik dan benar, agar kamar mandi tak hanya bersih tapi juga sehat.

1. Membersihkan toilet
Membersihkan toilet diawali dengan menyiram toilet menggunakan air bersih. Kemudian menuangkan pembersih antibacterial ke permukaan toilet. Diamkan hingga 20 menit, kemudian sikat secukupnya. Bilas kembali dengan air bersih.

2. Semprot permukaan lainnya di kamar mandi dengan pembersih disinfektan
Kuman di kamar mandi hanya bisa mati karena cairan disinfektan. Pembersih biasa bisa saja menghilangkan noda kerak, namun tidak cukup ampuh untuk kuman.

3. Diamkan beberapa saat

4. Sikat permukaan kamar mandi

5. Bilas dengan air bersih

Selain lima langkah tersebut, hal penting lain untuk dilakukan adalah mengenakan sarung tangan pelindung ketika tengah membersihkan toilet dan kamar mandi. Kemudian, selalu mencuci tangan dengan sabun seusai membersihkan kamar mandi.

https://sains.kompas.com/read/2019/11/19/193000223/hari-toilet-sedunia-simak-5-langkah-tepat-membersihkan-kamar-mandi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke