Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Leluhur Indonesia Terungkap, Memang Ada Moyang Pelaut dari China

KOMPAS.com — "Nenek moyangku seorang pelaut, gemar mengarung luas samudra, mengejar ombak tiada takut, menempuh badai sudah biasa".

Hampir semua, bila tidak semua, anak Indonesia kenal dengan lirik lagu ciptaan Saridjah Niung yang akrab disapa Ibu Soed tersebut. Namun, tahukah Anda bahwa lirik lagu tersebut memang benar adanya. Kita memang punya nenek moyang pelaut yang berasal dari China.

Hal ini diungkapkan oleh Dr Harry Widianto, arkeolog Balai Arkeologi Yogyakarta, dalam Talkshow Proyek DNA Leluhur Historia.id "Jejak Manusia Nusantara & Peninggalannya" yang diadakan di Museum Nasional, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Dalam acara ini, Harry menguraikan soal migrasi dan proses hunian manusia di nusantara. Dalam pembentukannya menjadi manusia Indonesia yang seperti saat ini, terdapat beberapa gelombang migrasi yang berkontribusi. Namun, semuanya berasal dari pohon evolusi yang sama.

Homo erectus

Manusia pertama yang datang ke nusantara bukanlah manusia modern atau Homo sapiens seperti kita, melainkan Homo erectus. Sekitar 1,8 juta tahun yang lalu, Homo erectus menjadi manusia pertama yang bisa keluar dari Afrika.

Manusia dengan kepala panjang, dahi miring ke belakang, dan kepala yang terjatuh ke depan ini sangat gesit dan bisa beradaptasi dengan baik terhadap berbagai iklim.

Dituntun oleh kebutuhan mereka untuk mencari makanan, Homo erectus pun berjalan kaki ke berbagai tempat di dunia, dan sampai ke Pulau Jawa sekitar 1,5 juta tahun lalu dengan memanfaatkan jembatan darat.

Untuk diketahui, pada saat itu Bumi sedang mengalami zaman es. Meskipun Indonesia yang berada di daerah Khatulistiwa tidak pernah mengalami zaman es, penyusutan volume air laut karena adanya pembekuan terjadi secara global dan menurunkan permukaan air laut hingga 100 meter. Alhasil, Sumatera, Kalimantan, dan Jawa pada saat itu menjadi satu kesatuan yang disebut Paparan Sunda.

Homo erectus punah sekitar 100.000 tahun lalu di seluruh dunia. Tidak ada yang mengetahui alasan pastinya, tetapi ada beberapa dugaan, termasuk ketidakmampuannya menyesuaikan dengan keadaan lingkungan setempat.

Ras Melanisid

Sementara itu, sekitar 150.000 tahun yang lalu Homo sapiens atau manusia bijak keluar dari Afrika dan menyebar ke lima benua menggantikan Homo erectus.

Manusia dengan muka yang lebih rata, gigi yang lebih kecil, dan bentuk tubuh yang lebih proposional ini sampai ke daerah Melanesia sekitar 70.000 tahun lalu. Mereka bergerak terus hingga sampai ke Halmahera dan Papua.

Mereka pun dikenal sebagai ras Melanisid yang memiliki rambut merah dan keriting, ciri yang masih dimiliki oleh masyarakat Papua dan Halmahera sekarang.

Ras Australomelanisid

Di saat yang sama (70.000-20.000 tahun lalu), hidup juga manusia awal Melanisia, seperti manusia Wajak di Trenggalek, Jawa Timur, manusia Niah di Serawak Malaysia, dan manusia Tabon di Filipina. Mereka menurunkan ras Australomelanisid setelah bercampur dengan orang-orang yang ada di Australia Tenggara dan Tasmania.

Ras Australomelanisid bertumbuh cukup besar hingga menyebar dan hidup di gua-gua di Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, sepanjang Gunung Sewu, Jawa Barat, Jawa Timur, hingga Kalimantan sekitar 15.000-5.000 tahun yang lalu.

Sebagian kecil yang tersisa dari ras ini lantas bertemu dan bercampur dengan orang-orang Austronesia atau Mongoloid di Wallacea Selatan (selatan Sulawesi sampai Nusa Tenggara) menghasilkan keturunan yang sampai sekarang hidup di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Ras Australomelanisid sendiri, berdasarkan bukti tulang yang ditemukan di Gua Harimau, sempat hidup bersama meskipun tidak terjadi perkawinan, dengan ras Mongoloid di daerah Sumatera sebelum akhirnya punah sekitar 3.500 tahun lalu.

Ras Austronesia atau Mongoloid

Sekitar 7.000 tahun yang lalu, muncul kelompok kecil ras austronesia atau mongoloid di Fujian atau Xijian, China tengah. Mereka bergerak ke timur dan menjadi populasi yang besar di Taiwan sekitar 6.000 tahun yang lalu.

Ras inilah yang kita kenang dalam lagu "Nenek moyang seorang pelaut". Sebab, berbeda dengan ras-ras sebelumnya, ras mongoloid memiliki banyak keahlian, mulai dari pertanian awal, menjinakkan hewan dan tumbuhan, hingga pelaut ulung.

Menggunakan perahu, ras ini dengan sangat cepat bermigrasi Out of Taiwan ke selatan melalui Filipina, Sulawesi sampai Vanuatu; ke timur sampai Polinesia sekitar 2.000 tahun lalu; dan ke barat sampai Madagaskar. Hingga akhirnya, mereka menguasai Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Kepada pulau-pulau yang mereka datangi, ras ini lantas menurunkan ciri-ciri agraris dan maritim.

Harry berkata bahwa merekalah populasi yang sampai sekarang hidup di Indonesia bagian barat. "Sehingga Indonesia bagian barat sekarang itu DNA China-nya pasti banyak. Indonesia bagian timur, nanti dulu. Bagian selatan Nusa Tenggara Barat, ada separuh," ujarnya.

Dia pun berkata bahwa melihat berbagai migrasi dan proses hunian di nusantara ini, bisa dikatakan bahwa meskipun secara fisik kita sekarang berbeda-beda, sebetulnya kita berasal dari pohon evolusi yang sama sekitar 70.000 tahun lalu. Pohon evolusi ini bercabang menjadi penduduk nusantara saat ini.

https://sains.kompas.com/read/2019/11/06/070500523/leluhur-indonesia-terungkap-memang-ada-moyang-pelaut-dari-china

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke