Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pesawat Rahasia AS Kembali ke Bumi Setelah 780 Hari di Luar Angkasa

KOMPAS.com - Pesawat luar angkasa tanpa pilot milik Amerika Serikat X-37B mendarat dengan selamat ke Bumi setelah mengorbit di luar angkasa selama 780 hari, terlama dalam sejarah.

Pertama kali diluncurkan pada 7 September 2017, pesawat ini mendarat pada Minggu (27/10/2019) di Kennedy Space Center NASA di Florida, AS, setelah menyelesaikan misi durasi panjang kelimanya.

Dilansir dari Science Alert, Selasa (29/10/2019); pesawat ini awalnya dirancang untuk mengorbit hanya selama 270 hari. Namun, kini ia telah terbang selama 2.800 hari.

Sejak awal diketahui publik, pesawat X-37B tidak pernah lepas dari kontroversi. Pasalnya, tidak ada yang mengetahui apa yang dilakukan pesawat itu selama mengorbit.

Angkatan Udara AS menyebutkan bahwa pesawat itu melaksanakan "pengurangan risiko, eksperimen dan konsep operasi" untuk teknologi wahana antariksa yang bisa digunakan kembali.

Direktur Kapabilitas Angkatan Udara Randy Walden juga mengungkapkan bahwa X-37B telah melaksanakan banyak misi, termasuk menjadi wadah untuk eksperimen-eksperimen laboratorium penelitian Angkatan Udara dan membantu mengirimkan satelit kecil ke luar angkasa.

Namun, pernyataan Walden ini menimbulkan keprihatinan di antara para ahli.

Astronom Harvard-Smithsonian for Astrophysics, Jonathan McDowell, menulis di Twitter bahwa pelepasan satelit oleh X-37B tanpa izin dan ini bisa jadi kali pertama Amerika Serikat terang-terangan melanggar perjanjian.

Untuk diketahui, Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) memiliki Daftar Benda yang Diluncurkan ke Luar Angkasa sejak 1962 untuk pertanggungjawaban negara yang meluncurkan obyek ke luar angkasa.

Dalam risetnya, McDowell mencatat bahwa 90 persen satelit masuk ke daftar setelah satu atau dua tahun diluncurkan. Namun, tidak semua satelit yang mengorbit terdaftar dan memiliki izin dari PBB. Dari yang tidak terdaftar ini, sepertiganya milik Amerika Serikat.

McDowell mengakui bahwa ada kemungkinan bahwa pemerintah Amerika Serikat sekadar belum sempat mendaftarkan satelit-satelitnya, tetapi menurut dia kemungkinannya kecil.

“Rahasia terbesar (bahkan TS/SCI milik Departemen Pertahanan) tidak mengalahkan hukum dan perjanjian internasional,” tuturnya.

https://sains.kompas.com/read/2019/10/30/170600623/pesawat-rahasia-as-kembali-ke-bumi-setelah-780-hari-di-luar-angkasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke