Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BMKG: Waspada Hujan Lebat hingga Petir di Beberapa Wilayah Indonesia

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi terjadi adanya potensi hujan lebat hingga angin kencang, serta kilat/petir di beberapa wilayah Indonesia.

Hujan lebat ini diprediksi akan terjadi dalam tiga hari, yaitu 28-30 Oktober 2019.

Pantauan BMKG, terdapat Terdapat Pusat Tekanan Rendah (Low) di Filipina bagian Selatan (1008 mb) dan sirkulasi siklonik di Laut China Selatan (925/700mb).

Konvergensi memanjang dari Sumatera Utara hingga Kepulauan Riau dan Kalimantan Utara. Daerah belokan angin terdapat di Sumatera, Laut Natuna, Selat Karimata, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Pada (28/10) kemarin, wilayah yang berpotensi hujan lebat ialah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Jambi, Banten, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah.

Sementara hari ini (29/10) wilayah yang berpotensi hujan lebat yaitu Riau, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Utara.

Sedangkan untuk besok (30/10), wilayah yang berpotensi hujan lebat yaitu Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara.

Pada hari ini (29/10), wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angina kencang atau petir adalah Aceh, Sumatera Barat, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua.

Sementara untuk untuk besok (30/10) wilayah yang masih berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir adalah Aceh, Kep. Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dam Papua.

BMKG terus memberikan informasi peringatan dini kepada masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut.

Pihak BMKG juga mengimbau warga agar selalu berhati-hati ketika sedang beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

https://sains.kompas.com/read/2019/10/29/130500123/bmkg--waspada-hujan-lebat-hingga-petir-di-beberapa-wilayah-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke