Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kutub Utara Mencair, Muncul 5 Pulau Baru yang Sebelumnya Tiada

KOMPAS.com – Lima pulau perlahan muncul dari permukaan air laut, tepatnya di Kepulauan Novaya Zemlya. Lima pulau ini ditemukan oleh Angkatan Laut Rusia beberapa waktu lalu.

Angkatan Laut Rusia tengah mengadakan ekspedisi ke Kutub Utara, dengan jalur terjauh menuju Franz Josef Land.

Vice Admiral dari Northern Fleet, Angkatan Laut Rusia, Alexander Moiseyev mengatakan bahwa lima pulau ini ditemukan di tengah gletser yang mencair.

“Ini dikarenakan perubahan kondisi es (di sekitar pulau-pulau baru tersebut). Sepertinya pulau-pulau itu menjadi bagian dari gletser tersebut. Meleleh, tabrakan, dan perubahan temperatur menjadikan pulau-pulau ini baru terlihat,” tutur Moiseyev seperti dikutip dari Science Alert, Rabu (23/10/2019).

Penemuan pulau-pulau ini pertama dipublikasikan pada Agustus 2019 lalu oleh Kementerian Pertahanan Rusia. Namun sebenarnya, sejak 2016, seorang mahasiswa teknik bernama Marina Migunova melihat gugusan pulau ini lewat gambar satelit saat mengerjakan naskah penelitian.

Dalam ekspedisi terbaru, para peneliti dari Angkatan Laut Rusia melakukan survei terhadap kelima pulau tersebut. Gugusan pulau itu terletak di Vize bay di Severny Island, Novaya Zemlya. Diketahui pulau-pulau ini mulai terlihat sejak 2014.

Dari segi ukuran, gugusan pulau ini berukuran kecil hingga sangat besar. Dua pulau bahkan sangat kecil, hanya 900 meter persegi. Namun pulau yang besar berukuran sekitar 54.500 meter persegi.

Apakah gugusan pulau tersebut hanya eksis untuk sementara itu? Kepala Northern Fleet Hydrographic Service dari Angkatan Laut Rusia, Alexei Kornis, mengatakan belum ada konklusi mengenai keberadaan dan keberlangsungan pulau-pulau ini.

Meski baru berusia beberapa tahun, pulau ini sudah menjadi habitat beberapa flora dan fauna. Terdapat ganggang, tumbuhan, beberapa burung, dan hewan darat lainnya.

“Kami menemukan bangkai anjing laut yang dimakan oleh beruang,” tutur Kornis.

Berdasarkan data Angkatan Laut Rusia, lima pulau ini bukanlah gugusan pulau pertama yang ditemukan di Kutub Utara. Pada satu waktu, bahkan anak-anak sekolah di Rusia bahkan menemukan gugusan pulau baru.

Lima pulau tersebut bergabung dengan sekitar satu lusin pulau lainnya yang baru muncul dari permukaan laut, disinyalir terdampak pemanasan global.

https://sains.kompas.com/read/2019/10/23/180700723/kutub-utara-mencair-muncul-5-pulau-baru-yang-sebelumnya-tiada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke