Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dendy Mikes Meninggal, Ini Cara agar Tidak Mati Saat Serangan Jantung

KOMPAS.com - Musisi Dendy Mulya Pasha atau Dendy Mikes meninggal dunia pada Minggu (6/10/2019) karena serangan jantung. Selain Dendy Mikes, ada banyak korban serangan jantung di seluruh dunia.

Data Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa 37 persen kematian akibat penyakit tidak menular disebabkan oleh penyakit kardiovaskuler. Tingginya angka kematian akibat penyakit jantung koroner (PJK) dikarenakan gejala pertama penyakit ini yang biasanya berupa serangan jantung atau kematian mendadak.

Padahal, serangan jantung tidak harus mematikan.

Dilansir dari artikel Kompas.com, Kamis (28/9/2017); Dr dr Antonia Anna Lukito, SpJP(K), FIHA FSCAI, FAPSIC dari Perhimpunan Intervensi Kardiologi Indonesia (PIKI) dan Pokja Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) menjelaskan pertolongan pertama yang harus diberikan kepada penderita serangan jantung agar tidak meninggal.

Tindakan pertama yang harus dilakukan adalah menidurkan atau menenangkan pasien. Pasalnya, bila pasien panik atau gelisah, maka kebutuhan oksigennya akan semakin tinggi dan serangan jantung makin meluas.

Setelah itu, berikan aspirin untuk dikunyah oleh pasien. Aspirin berfungsi untuk mengencerkan pembekuan darah, bukan menghancurkan plak yang menyumbatnya.

Untuk diketahui, serangan jantung adalah akibat plak yang pecah. Ketika tubuh bereaksi dan melakukan pembekuan darah, saluran pembuluh darah pun jadi tersumbat dan menyebabkan serangan jantung.

"Itulah mengapa aspirin harus selalu ada di rumah," kata Antonia.

Usai memberi pasien aspirin, Anda bisa membawa pasien ke rumah sakit terdekat yang memiliki unit gawat darurat agar pasien bisa mendapatkan penanganan medis lebih lanjut, misalnya pemasangan stent.

Namun, yang harus diingat adalah semua hal ini harus dilakukan di dalam golden period.

Dilansir dari artikel Kompas.com, Senin(15/4/2019), dr Sari Sri Mumpuni, Sp.JP (K), FIHA, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah konsultan kardiologi intervensi RS Pondok Indah – Pondok Indah menjelaskan bahwa golden period atau periode emas merupakan periode untuk menyelamatkan pasien serangan jantung.

Periode ini berkisar 6-12 jam sejak dimulainya serangan jantung hingga waktu pemberian tindakan medis. Namun, untuk meminimalisasi kerusakan otot jantung, maka kurun waktunya hanya tiga jam.

"Pada periode (3 jam) ini, baik obat maupun tindakan memiliki hasil yang sama. Tapi kalau lebih dari tiga jam, maka tindakan memiliki hasil yang lebih baik,” ujar Sari.

https://sains.kompas.com/read/2019/10/07/202251823/dendy-mikes-meninggal-ini-cara-agar-tidak-mati-saat-serangan-jantung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke