Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan

KOMPAS.com - Bagi yang pernah berusaha menurunkan berat badan, mestinya Anda tahu betapa sulitnya menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Banyak cara diet instan yang dapat menurunkan berat badan Anda secara drastis. Namun cara ini tidak disarankan karena dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda. Penurunan berat badan yang sehat adalah jika berat badan Anda turun perlahan dan tetap.

Dikutip dari buku "Mayo Clinic: Family Health Book" terbitan Intisari, patokan penurunan berat badan yang normal adalah seperempat hingga satu kilogram dalam seminggu. Selain itu, ada cara diet sehat dan ampuh untuk Anda.

Rencana penurunan berat badan yang baik terdiri atas tiga unsur: makanan yang sehat, aktivitas fisik yang teratur, dan sikap yang benar.

• Makanan yang Sehat

Porsi dan jenis makanan menentukan berat badan Anda. Oleh karena itu, Anda harus belajar menikmati variasi makanan yang sehat. Konsumsi makanan-makanan yang kaya nutrisi, rendah lemak, dan rendah kalori untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Jangan lupa minum banyak air agar metabolisme tubuh Anda tetap terjaga.

• Aktivitas Fisik yang Teratur

Sebenarnya, makanan yang sehat dan seimbang belum cukup untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Anda perlu melakukan aktivitas fisik dan menjadikan olahraga sebagai rutinitas.

Anda perlu tetap aktif agar Anda tetap bugar dan sehat. Jenis olahraga yang bisa Anda coba seperti berenang, aerobik, dan atletik.

• Sikap yang Tepat

Menurunkan berat badan kedengarannya mudah diucapkan, namun sulit untuk dilakukan. Anda perlu mengetahui secara tepat berbagai faktor seperti kebiasaan, emosi, kebutuhan, pemikiran, dan perilaku yang membuat Anda sampai kelebihan berat badan agar perubahan itu bersifat konsisten.

Salah satu kunci keberhasilan adalah memiliki rencana bagaimana memadukan perubahan itu ke dalam gaya hidup kita.

Dibutuhkan komitmen serta usaha ekstra untuk mempertahankannya. Banyak godaan di luar sana yang dapat merusak diet Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda jangan menyerah terutama jika Anda sudah berada di titik puncak badan ideal.

https://sains.kompas.com/read/2019/09/25/070300523/3-cara-efektif-menurunkan-berat-badan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke