Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Serba Serbi Hewan: Foto Penampakan Zebra Polkadot Langka di Kenya

Fotografer Frank Liu sedang mencari badak di Cagar Alam Masai Mara Kenya. Namun ia justru mendapati zebra dengan motif luar biasa tersebut. Zebra unik yang diberi nama Tira itu diperkirakan berumur satu minggu.

Ren Larison, ahli biologi yang mempelajari evolusi motif garis zebra di University of California, Los Angeles menyebut kalau Tira memiliki kondisi yang disebut pseudomelanisme alias mutasi genetik langka di mana hewan menampilkan semacam kelainan dalam pola garis mereka.

Sel khusus yang disebut melanosit menghasilkan melanin, pigmen yang menentukan warna sel bulu dan kulit pada mamalia. Namun ada berbagai mutasi yang dapat mengganggu proses terbentuknya melanin.

Pada kasus Tira, Greg Barsh, ahli genetika di Hudson Alpha Institute mengatakan jika Tira memiliki melanosit. Namun untuk beberapa alasan, melanin justru tidak berkembang menjadi motif garis-garis.

Sayangnya, Zebra dengan warna tak biasa ini bisa jadi tak bertahan lama di alam liar.

"Predator sulit memangsa binatang yang berada dalam kawanan, lebih mudah jika spesies tersebut berbeda. Hanya sedikit yang bisa mencapai usia remaja atau dewasa," tambah Larison.

Selain itu juga menurut Larison, zebra Tira akan menghadapi tantangan lain. Selama ini, teori mengemukakan kalau garis zebra melindungi dari gigitan lalat. Dan dengan motif Tira yang berbeda, maka ia tidak akan bisa menghindari lalat-lalat, yang kadang membawa penyakit berbahaya bagi zebra.

https://sains.kompas.com/read/2019/09/22/130000523/serba-serbi-hewan-foto-penampakan-zebra-polkadot-langka-di-kenya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke