Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Serba Serbi Hewan: Kenapa Kucing Memakan Rumput?

Sebelumnya kami pernah membahas alasan kucing takut mentimun. Selain perilaku itu, pernahkah Anda sadar kalau kucing juga suka makan rumput, tapi beberapa menit kemudian dia segera memuntahkannya?

Nah, perilaku inilah yang diamati oleh para ahli di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas California.

Mereka mempresentasikan temuannya di kongres Internasional untuk Etologi Terapan ke-53 di Norwegia.

Riset ini melibatkan seribu pemilik kucing di AS. Masing-masing pemilik kucing ditanyai tentang kebiasaan hewan peliharaannya memakan rumput.

Hasilnya, lebih dari 60 persen kucing terlihat memakan tanaman setidaknya selama 10 kali, sementara hanya 11 persen kucing yang tidak melakukannya.

Sebagian besar kucing yang memamah rumput memang tidak menunjukkan efek samping. Namun, 27 persen kucing cenderung muntah tak lama setelah makan rumput.

Sementara itu, kebiasaan ini juga dilakukan oleh kelompor umur tertentu.

Hampir 40 persen dari kucing berusia kurang dari 3 tahun pernah tertangkap sedang mengunyah rumput, dibandingkan dengan 27 persen kucing berusia lebih dari 4 tahun.

Lalu kenapa kucing makan rumput?


Penjelasan paling mungkin dari hal ini, kucing yang makan rumput kemungkinan merasa tidak enak badan atau sakit.

Ketika mereka memakan tanaman kemudian bisa muntah setelah itu, hal ini membuat kucing merasa lebih baik.

Namun, para ahli menduga ada motif lain. Para ahli justru percaya, kucing masih memiliki perilaku bawaan dari nenek moyang liar mereka.

Hal ini mengutip studi pada primata, di mana para ahli mengatakan hewan liar sering makan rumput untuk membersihkan parasit dari saluran usus.

"Mengingat bahwa hampir semua karnivora (hewan pemakan daging) liar memiliki parasit di usus, dengan memakan tumbuhan tubuh akan menoleransi parasit tersebut secara alami," ungkap ahli dalam kesimpulan studi mereka seperti dilansir IFL Science, Jumat (9/8/2019).

Sementara itu, bila kucing tersedak dan muntah setelah makan rumput, ahli menganggap itu adalah hal alami dan tak perlu dikhawatirkan.

https://sains.kompas.com/read/2019/08/12/190000923/serba-serbi-hewan--kenapa-kucing-memakan-rumput-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke