Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sedang Stres? Push Up dan Sit Up Ternyata Bisa Meredakannya

Meskipun Anda berpikir ingin berolahraga namun tidak cukup waktu. Ternyata ada beberapa olahraga ringan dan simpel yang bisa Anda lakukan saat di rumah, berikut saran dari Praktisi Kesehatan Holistik dan Homeopath, Tjokorda Gede Kerthyasa.

Push-up

Sebaiknya saat Anda ingin melakukan push up, lakukanlah dengan fokus meski hanya sebentar.

Pastikan posisi tubuh Anda sempurna menghadap lantai, dengan bahu terbuka sejajar dengan posisi tangan Anda di lantai, serta rapatkan kaki dan bertumpu pada ujung jari kaki Anda.

Push up ini selain melatih kinerja otot Anda, ini juga dapat membuat relaksasi jika Anda juga mengatur napas dengan benar saat melakukan push up ini.

Sit-up

Sama halnya dengan melakukan push up, melakukan sit up juga membantu Anda berkonsentrasi.

Jika Anda fokus dan melakukannya dengan posisi serta mengatur napas Anda dengan baik. Pikiran Anda akan lebih tenang setelah melakukannya.

Meditasi pranayama

Jika anda tidak ingin melakukan banyak gerakan, namun hanya ingin pikiran Anda rileks dan tenang.

Cobalah untuk melakukan meditasi pranayama. Meditasi ini dasarnya seperti yoga. Meditasi ini bisa dilakukan dimana saja, tetapi paling baik ditempat yang bersih, nyaman ataupun sunyi agar dapat berkonsenterasi.

"Banyak sudah tutorial bagaimana kalian bisa melakukan pranayama ini di rumah. Menurut saya pranayama ini sangat efektif menghilangkan stres selain yoga," jelas Tjode.

Yoga

Tidak perlu pergi ke kelas yoga jika Anda tidak memiliki waktu, sebab sudah banyak sekali pembelajaran di media sosial mengenai cara melakukan yoga di rumah.

Yoga ini sudah diakui punya andil baik dalam menghilangkan depresi atau stres yang melanda tubuh manusia.

Menenangkan diri dengan melakukan yoga ini akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan energi positif untuk menjalani aktivitas-aktivitas Anda lainnya.

"Yang jelas cara menghilangkan stres itu dengan mengatur napas. Karena mengatur napas dengan baik itu adalah kunci dari menenangkan pikiran," saran Tjode.

https://sains.kompas.com/read/2019/08/07/190000223/sedang-stres-push-up-dan-sit-up-ternyata-bisa-meredakannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke