Salin Artikel

ISS Tertangkap Kamera Melintas di Depan Matahari

Foto yang ditampilkan di Astronomy Picture of The Day (APOD) tersebut memperlihatkan ketika ISS berada pada posisi di antara Bumi dan Matahari.

Dari foto tersebut, kita pun bisa melihat seberapa besar ukuran Matahari. Jika dibandingkan, ISS pun hanya terlihat sebagai titik hitam di sudut bintang yang berukuran kira-kira 109 kali diameter Bumi ini.

Untuk menghasilkan gambar tersebut tentu bukan perkara yang mudah. Sebab ISS mengorbit Bumi setiap 90 menit, sehingga membutuhkan waktu yang tepat untuk memotret stasiun luar angkasa ketika melintasi Matahati.

Colacurcio juga memerlukan bantuan teknologi serta beberapa teknik pemotretan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Menariknya foto tersebut tidak memperlihatkan adanya bintik Matahari.

Bintik-bintik berwarna hitam pada permukaan Matahari itu biasanya bisa terlihat dari Bumi tanpa bantuan teleskop.

Menurut NASA hal ini terjadi karena Matahari berada pada periode aktivitas rendah yang terjadi setiap 11 tahun sekali.

Belum ada yang tahu persis mengapa hal itu terjadi. Namun setidaknya peristiwa tersebut membuat hasil jepretan sang fotografer terlihat bagus.

Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) merupakan salah satu penemuan paling canggih manusia. ISS menyelesaikan orbit setiap 90 menit.

Dari Bumi pun sebenarnya ISS bisa terlihat dengan mata telanjang di malam hari. Jika Anda melihat titik putih cahaya yang stabil, maka itu ISS yang sedang mengorbit di atas wilayah Anda.