Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Serba Serbi Hewan: Sains di Balik "Pantat" Bintang Laut yang Viral

Akun Twitter @Babyshoujo menggunggah foto bintang laut Vermilion ketika sedang menempel di sebuah batu dalam pameran Aquarium of the Pacific di Long Beach, California.

Entah dari sudut pengambilan gambar atau memang tubuhnya yang seksi, bintang laut dalam foto tersebut seperti menunjukkan bagian "pantat" yang seksi dan berhasil memikat ratusan ribu pengguna Twitter sejak dibagikan pada 30 Juni 2019 lalu.

Penampakan bintang laut Vermilion ini mengingatkan kita pada karakter Patrick dalam serial Spongebob SquarePants.

Menurut Georgia Aquarium, bintang laut Vermillion hidup di dasar laut berbatu di Samudera Pasifik sitimur dengan jangkauan membentang dari California ke utara sampai Alaska.

Bintang laut bukanlah ikan. Mereka tergolong kelompok echinodoermata, seperti teripang dan bulu babi.

Untuk anatomi tubuh, semua bintang laut tidak memiliki pantat seperti manusia. Mereka hanya memiliki anus, dan itu pun ada di sekitar perut.

Alih-alih pantat, Nate Jaros yang merupakan kurator ikan dan invertebrata dari Aquarium of the Pacific menjelaskan bahwa itu adalah otot lengan yang berkontraksi ketika bintang laut menempel pada batu.

"Karena tubuh bintang lau vertikal, gaya gravitasi menyebabkan struktur internal pada tubuhnya turun sehingga "kedua tangannya" bisa menciptakan bentuk mirip pantat manusia," jelas Jaros, seperti dilansir Live Science, Rabu (3/7/2019).

https://sains.kompas.com/read/2019/07/04/163200623/serba-serbi-hewan--sains-di-balik-pantat-bintang-laut-yang-viral

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke