Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aplikasi Diabetes Diluncurkan, Bantu Dokter dan Pasien Tingkatkan Pengetahuan

Head of Medical Sanofi Indonesia dr. Mary Josephine menjelaskan aplikasi ini punya berbagai fitur seperti Discover yang berisi informasi terkini soal diabetes.

"Ada protokol penanganan diabetes, materi edukasi untuk disampaikan pasien," ujar Mary dalam acara peluncuran di Perpustakaan Nasional RI, Senin (1/7/2019).

Materi yang diperbarui berkala tiap tiga minggu sekali ini memuat video pemaparan, artikel, dan jurnal kesehatan. Di dalamnya, ada juga forum diskusi online bagi para tenaga medis untuk bertukar pikiran dan mendapatkan bimbingan dari para mentor.

Para tenaga medis cukup mengunduh di Play Store atau App Store, kemudian mendaftarkan diri.

Sementara itu dr. Rulli Rosandi, SpPD selaku Koordinator Bidang Teknologi Informatika PERKENI menyebut selain aplikasi DEEP, pigaknya juga mengembangkan aplikasi idCare yang dapat digunakan pasien maipin dokter.

"Aplikasi ini ditujukan untuk pasien yang ingin mengetahui tentang penyakit diabetes serta pilihan pengobatannya, dan membantu dokter untuk memonitor pasiennya," ujar Rulli.

Pasalnya, prevalensi diabetes di Indonesia kian meningkat. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan tahun 2018 melaporkan prevalensi diabetes mellitus tahun 2018 diperkirakan 10,9 persen. Hingga 2017, ada 10,3 juta penderita diabetes di Indonesia dan diperkirakan terus meningkat.

"Dokter endokrin metabolik diabetes di Indonesia itu jumlahnya hanya 120 orang. Tapi menangani penduduk sedemikian banyak, sehingga dibutuhkan percepatan," ujar Rulli.

Percepatan penanganan diabetes ini diharapkan dapat menekan prevalensi diabetes serta biaya medis atas komplikasinya.

https://sains.kompas.com/read/2019/07/01/141649823/aplikasi-diabetes-diluncurkan-bantu-dokter-dan-pasien-tingkatkan-pengetahuan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke