Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kecemasan Ibu Hamil Bikin Asam Lambung Naik dan Berdampak untuk Janin

Sayangnya, seringkali ibu muda yang tengah hamil tidak memperoleh informasi yang dibutuhkan. Kondisi ini dapat menimbulkan kebingungan dan kecemasan, terlebih karena banyak sekali informasi yang tidak memiliki sumber valid beredar di internet.

Hal ini dapat menyebabkan kecemasan berkepanjangan, yang dapat memengaruhi kondisi fisiologis dan psikologis sang ibu.

"Kalau ibu cemas, maka yang sering terjadi adalah peningkatan asam lambung. Kenaikan asam lambung ini dapat mengganggu penyerapan nutrisi dan juga menyebabkan ibu hamil sulit fokus," jelas dr. Adriansyah Dara, Sp.OG., M.Kes, saat peluncuran buku Hamil dan Parenting Tanpa Galau di Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Untuk mengurangi kecemasan tersebut, disarankan agar ibu hamil, suami, serta keluarga terdekat untuk proaktif memeriksa sumber dan kejelasan informasi yang mereka terima seputar kehamilan.

"Saat membaca informasi dari internet atau media sosial, perhatikan dulu siapa yang menulis," ujar dr. Lucia Nauli Simbolon, Sp.A, yang turut hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut.

Lucia menekankan bahwa sikap hati-hati dan kritis dibutuhkan untuk menangkal peredaran informasi dengan sumber yang tidak kredibel.

"Informasi yang kita terima di internet nanti bisa ditanyakan lagi ke dokter saat konsultasi," imbuhnya.

Saat ini, telah banyak beredar buku panduan yang dapat memberikan informasi yang benar mengenai masa kehamilan dan juga parenting, mulai dari pasca kelahiran hingga anak mulai bersekolah.

Salah satunya adalah buku Hamil Tanpa Galau dan Parenting Tanpa Galau yang diluncurkan oleh Teman Bumil. Buku ini berperan sebagai pendamping bagi aplikasi Teman Bumil yang sebelumnya telah diluncurkan dan digunakan oleh sekitar 500.000 orang di Indonesia.

Dengan keberadaan sumber informasi yang dapat dipercaya, diharapkan ibu hamil tidak lagi merasa cemas dan kesulitan mencari informasi yang dibutuhkan dalam menjalani proses kehamilan dan membantu proses parenting.

"Saya sangat berharap buku ini bisa membantu para ibu untuk merawat anaknya, sehingga ibu dapat melakukan deteksi dini jika ada gangguan pada anak dan dapat dikonsultasikan ke dokter kemudian," pungkas Lucia.

https://sains.kompas.com/read/2019/06/27/095200323/kecemasan-ibu-hamil-bikin-asam-lambung-naik-dan-berdampak-untuk-janin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke