Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Serba Serbi Hewan, Udang Ini Ubah Warna Kulit untuk Hindari Predator

Udang yang memiliki nama ilmiah Hippolyte varians ini, dijuluki sebagai udang bunglon karena kemampuannya dalam mengubah warna kulit. Mereka hidup di kolam batu, selokan, dan perairan pantai Eropa utara.

Panjangnya hanya sekitar satu inci dan nampak seperti udang lain. Namun ketika merasa terancam, warna kulitnya bisa berubah menjadi merah, cokelat, hijau, atau transparan dengan bercak merah dan kuning.

Para ilmuwan dari Universitas Exeter di UK dan Universitas ABC Brazil telah melakukan penelitian tentang spesies ini dan menemukan sesuatu yang menarik terkait kamuflase warna udang bunglon.

Dalam studi yang terbit di jurnal Nature, warna kulit udang bunglon tidak berubah secara kilat tapi perlahan sesuai dengan perubahan warna rumput laut tempat mereka hidup seiring bergantian musim.

"Studi kami menunjukkan, udang ini mampu berkamuflase karena perubahan warna pada rumput laut tempat mereka hidup," ujar Sam Green, penulis studi dari Universitas Exeter dilansir Newsweek, Jumat (21/6/2019).

"Kami mengukur kamuflase udang dengan visi predator mereka, dan merekam perubahan warna kulit di laboratorium. Kami menemukan, kamuflase udang berlangsung selama beberapa minggu," ujar dia.

"Rumput laut di kolam batu Inggris berubah warna secara musiman, dan hal ini memungkinkan udang melakukan kamuflase sepanjang tahun".

Studi ini juga menunjukkan, bagaimana udang beradaptasi dengan lingkungan yang terus berubah dengan cara tinggal di dekat rumput laut yang memiliki warna paling mirip dengan kulit mereka saat itu.

"Karena lingkungan kolam batu terdiri dari berbagai tambalan rumput laut berwarna yang berbeda, percobaan perilaku menunjukkan bahwa udang juga memilih latar belakang yang sesuai dengan warba kulit mereka," ujar Green.

"Ini membantu menjaga kamuflase dalam jangka pendek, membantu udang menghadapi tantangan kehidupan kolam batu. Misalnya, ombak bisa mengeluarkan udang dari tempat yang dipilihnya," katanya.

"Ini juga menunjukkan bagaimana perubahan warna dan perilaku bergabung untuk memfasilitasi kamuflase di berbagai lingkungan dalam rentang waktu yang berbeda."

https://sains.kompas.com/read/2019/06/24/193300323/serba-serbi-hewan-udang-ini-ubah-warna-kulit-untuk-hindari-predator

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke