Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Serba Serbi Hewan, Bertubuh Besar Tak Halangi Kuda Nil Bergerak Cepat di Air

Kuda nil menghabiskan sebagian besar waktunya berendam di dalam air. Menurut National Geographic, kuda nil bisa berendam selama 16 jam sehari.

Berendam di dalam air akan membantu kuda nil yang tidak berbulu mengatur suhu tubuh dan tidak kepanasan. Hal ini sama seperti yang dilakukan gajah.

Selain tidak memiliki bulu, kuda nil juga tidak memiliki kelenjar keringat. Oleh sebab itu, bila kuda nil terpaksa keluar dari dalam air di siang hari, maka dapat dipastikan mereka akan mengalami dehidrasi parah.

Menghabiskan sebagian besar waktu di dalam air, membuat kuda nil mudah beradaptasi dengan tekanan air.

Hewan yang bobot tubuhnya sekitar 1,5 sampai 4,9 ton itu adalah salah satu penakluk air ulung. Mereka bisa bergerak atau berjalan di dalam air dengan sangat cepat.

Kalau disebut perenang, kuda nil tidak bisa berenang atau mengambang, mereka hanya meluncur di dalam air. Dengan tubuh besarnya, kuda nil mampu mendorong benda di sekitarnya, termasuk arus air sungai yang berat.

Selain itu, keahlian lain yang dimiliki kuda nil adalah berjalan dengan kondisi kepala berada di dalam air.

Berkat evolusi, kuda nil memiliki sedikit selaput pada kaki yang membantunya berjalan di dalam air. Selain itu, kuda nil juga dapat menahan napas di bawah permukaan air hingga lima menit lamanya.

Namun, kemampuan menahan napas hingga lima menit hanya dimiliki kuda nil dewasa.

Ketika bayi kuda nil lahir di dalam air, induknya harus segera mendorong ke atas permukaan air. Ini karena bayi kuda nil hanya sanggup menahan napas selama 40 detik.

Di alam liar, ibu bayi kuda nil yang baru melahirkan akan menemani anaknya di air selama beberapa hari.

Ia tidak makan dan akan menunggu sampai anaknya kuat, kemudian baru mencari makanan saat malam tiba.

Artikel ini telah tayang di bobo.grid.id dengan judul Kuda Nil yang Besar Bisa Bergerak di Air dengan Cepat, Kok Bisa, ya?

https://sains.kompas.com/read/2019/05/23/200200623/serba-serbi-hewan-bertubuh-besar-tak-halangi-kuda-nil-bergerak-cepat-di-air

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke